Scroll to Top
Tukang Adukan Kontraktor ke Transnaker
Posted by maxfm on 16th Januari 2020
| 1090 views

Mediasi antara pekerja dan konsultan hukum perusahaan, di ruang pertemuan Dinas Transnaker Kabupaten Sumba Timur. (Foto: ONI)

MaxFM, Waingapu – Tukang yang mengerjakan pekerjaan peningkatan infrastruktur tata ruang dan kawasan pada ruas Jalan Nggongi-Wahang mengadukan direktur PT Setia Jaya Nirwana ke Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Transnaker) Kabupaten Sumba Timur. Pengaduan ini dilayangkan karena dalam perhitungan upah kerjanya, dirinya dan perusahaan berselisih besaran upah yang disepakati sebelum mengerjakan pekerjaan tersebut, dan saat hendak dibayar.

Pengaduan ini disampaikan Lukas Tamo Ama melalui surat pengaduannya tertanggal 4 Januari 2020 lalu, karena sejumlah upaya dirinya dengan perusahaan tidak mencapai titik temu. Karenanya, Lukas Tamo Ama memohon Dinas Transnaker Kabupaten Sumba Timur untuk dapat memediasi dirinya dengan perusahaan, guna mendapat titik temu, dan upahnya dibayarkan sesuai dengan kesepakatan awal antara dirinya dana Direktur PT Setia Jaya Nirwana, Elvis Karwelo.

Kamis (6/1/2020) di ruang pertemuan Dinas Transnaker Kabupaten Sumba Timur, mediasi ini selain dihadiri oleh pihak Dinas Transnaker Kabupaten Sumba Timur, hadir pula sebagai tim mediator Sekretaris Asosiasi Pekerja Indonesia (Apindo) Kabupaten Sumba Timur, Donatus Hadut. Sedangkan dari PT Setia Jaya Nirwana, hadir konsultan hukumnya, Umbu Tonga dan staf lapangannya. Hadir pula Lukas Tamo Ama didampingi aktivis dari Solidaritas Perempuan dan Anak (Sopan), Marta Hebi dan tim.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons