Scroll to Top
Manandang Paoring Tarian Masal di Pembukaan SR PGI XVII
Posted by maxfm on 9th September 2019
| 630 views
Suasana Latihan tarian Masal Manandang Paoring di Halam Depan kantor Bupati Sumba Timur, Sabtu (07/09/2019) [Foto: heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Manandang Paoring (Persatuan yang Indah ) tarian masal yang akan ditampilkan dalam pembukaan Sidang Raya SR Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia PGI XVII di Purukambera, Sumba Timur Nusa Tenggara Timur NTT.

Ketua seksi tarian masal panitia SR PGI XVII Yohanes Djami Yiwa mengatakan yang terlibat dalam tarian ini 300 siswi sebagian besar adalah anak SMA dan sebagian kecil siswi SMP.




“Jadi tarian ini diambil dari tarian tradisonal dalam irama kadingang, kabokang, dan yang kedua fungsi tarian ini untuk ditarikan dalam acara religius dan untuk sidang raya kita ambil formasi alfa omega,” jelas Ketua seksi tarian masal panitia SR PGI XVII Yohanes Djami Yiwa.

Tambah Ketua seksi tarian masal panitia SR PGI XVII Yohanes Djami Yiwa, bebera latihan terakhir ditujukan untuk pemantapan gerakan serta pembentukan formasi alfa omega yang didahului dengan tahapan-tahapan sehingga sampai di formasi yang diinginkan.

Masih kata Yohanes Djami Yiwa untuk tarian masal ini diberikan waktu hanya 5 menit jadi adik-adik penari memang harus berlatih keras dibwah bimbingan para pelatih dalam sisa waktu yang ada sehingga gerakan yang dihasilkan mesti sama dan serasi serta dalam waktu hanya 5 menit menampilkan tarian yang indah serta formasi yang ingin ditampilkan yakni alfa dan omega benar –bernar bisa terlihat.




Lanjut Tambah Ketua seksi tarian masal panitia SR PGI XVII Yohanes Djami Yiwa, latihan tari ini sudah berlangsung sebulan dan setiap minggu latihan dilakukan sore hari pada Jumat dan Sabtu di lapangan depan kantor Bupati Sumba Timur.

Dari pantau maxfmwaingapu.com di lokasi latihan, terdengar suara nyaring para pelatih tari mengingatkan penari untuk gerakan yang harus dilakukan menuju tahapan-tahapan gerakan sampai membentuk formasi seiring dentuman tambur yang menuntun gerakan penari.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons