Scroll to Top
Nikmatnya Pemandian Air Panas Alami Mengeruda, Soa, Ngada, NTT
Posted by Heinrich Dengi on 1st Agustus 2019
| 128 views


Video: Nikmatnya Pemandian Air Panas Alami Mengeruda, Soa, Ngada, NTT

MaxFM Waingapu – Kalau berkunjung ke Kabupaten Ngada, Nusa tenggara Timur, NTT, dengan ibu kotanya Bajawa, belum lengkap kalau tidak menyempatkan diri untuk berendam di pemandian air panas alami di sana.

Lokasi pemandian air panas yang terkenal di Kabupaten Ngada ada di desa Mengeruda, Kecamatan Soa yang jauhnya sekitar 30 – 45 menit perjalan dengan mobil dari pusat kota Bajawa.

Di desa Mengeruda Kecamatan Soa selain ada pusat pemandian air panas yang dikelola pemerintah kabupaten banyak juga pemandian air panas yang muncul di tanah warga setempat.

Salah Satu Spot Peandian Air Panas Yang Dikelola Pemda Ngada di Desa Mengeruda, Soa, NTT [Foto: Heinrich Dengi]




Kalau pemandian air panas yang dikelola Pemda Ngada berbayar dengan biayay masuknya RP10Ribu per orang sekali masuk dan dibuka mulai pk. 07.00 sampai 19.00 WITA maka pemandian milik warga setempat terbuka sepanjang hari tanpa dipungut bayaran untuk menikmati air panasnya.

Saat saya berada di desa Mengeruda beruntung saya bisa menikmati mandi air panas sepuas-puasnya baik di pemandian milik warga setempat maupun pemandian air panas milik pemda.

Satu hari saat selesai mengerjakan pemasangan pompa barsha di lokasi kebun yang dikelola anak muda Soa, Henry Roga, hari sudah malam, jam menunjukkan angka 9.30 saat kembali ke penginapan dan selepas makan malam sudah jam 10, selepas makan malam, dengan berjalan kami membawa peralatan madi seadanya berlima kami berjalan kaki sekira 2 menit dari rumah Henry Roga tempat kami menginap untuk sampai di pemandian air panas yang terkenal di salah satu tanah milik warga setempat.

Salah Satu Spot Peandian Air Panas Yang Dikelola Pemda Ngada di Desa Mengeruda, Soa, NTT [Foto: Heinrich Dengi]

Tanpa dikomando kami langsung berebut tempat terbaik untuk meletakkan badan ini dalam air panas yang panasnya pas tidak sampai melukai kulit kami.

Di lokasi ini air panas keluar dari dalam tanah yang lama kelamaan membuat tanahnya mengeras seperti batu, mata air panas yang muncul besar dan terus menerus membuat air harus mengalir dari lokasi ini mencari tempat ke arah yang lebih rendah membuat semacama selokan yang dilalui air panas.

Kolam kecil di lokasi mandi ini tidak luas, diameternya hanya sekira 2 meter dan bisa diisi oleh 3 atau 4 orang sekaligus dengan dalam air sekitar 1,5 meter. Benar-benar puas menikmati air panas alami di desa Mengeruda Soa.

Selama saya di Mengeruda Soa sekitar 5 hari tidak seharipun saya lewatkan tanpa berendam pemandian air panas, bahkan sebelum siang saya balik dengan penerbangan dari Soa ke Kupang, pagi harinya hampir 2 jam saya masih berendam di pemadian air panas Mengeruda.

Salah Saltu Lokasi Pemandian Air Panas di Mengeruda, Soa, Ngada, NTT [Foto: Heinrich Dengi]



Dari apa yang saya rasakan hampir tidak terlalu terasa bau belerang muncul dari pemandian air panas yang ada di sana, kalaupun ada mungkin sangat sedikit sehingga tidak berasa menyengat.

Satu pagi saat udara Mengeruda masih dingin saya beranikan diri keluar rumah dan berjalan menuju lokasi pemandian, dan yang saya temui banya warga yang pagi itu ssedang mandi di lokasi tertentu seperti selokan yang dilewati air panas, tinggal cedok air panasnya buang di badan, betapa nikmatnya.

Jadi kalau saja berkunjung ke Bajawa agendakan untuk menkmati air panas di desa Mengeruda, Soa, jangan sampai tidak mengunjungi pemandian air panas ini.

Eh masih ada lho yang belum dibuka ke publik lokasi air terjun air panas di desa ini, warga setempat belum juga banyak yang tahu, saya beruntung diajak pemiliknya melihat dan menikmati lokasi air terjun air panas dengan pesan khusus jangan dulu di pertontonkan ke publiknya.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons