Scroll to Top
Nelayan Lairoka : “Dengan Terpaksa Kadang Ikan Kami Buang Kembali Ke Laut”
Posted by Heinrich Dengi on 9th Juli 2019
| 380 views
Nelayan Lairoka Sedang Melepaskan Ikan dari Pukat [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Sudah dua bulan terakhir ikan melimpah di perairan Lairoka Kecamatan Wulla Waijillu, Sumba Timur.

Meskipun sekali dua kali nelayan tidak melaut karena angim kencang dan gelombang laut tinggi menrpa perairan sekitar Sumba Nusa teggara Timur, bila sempat melaut nelayang pasti akan mendapat hasil yang lumayan banyak setiap kali melaut.




Nelayan setempat Yunus mengatakan kadang kalau ikan melimpah diperoleh masing – masing nelayang yang berbekal perahu kayu tanpa mesin alias untuk melaut, maka ikan akan dibuang kembali ke laut.

Kata Yunus lagi, di sekitar Lairoka tidak ada yang memproduksi es batu.

“Pernah kita cancel orang yang mau beli ikan, trus sampe kita buang kembali ke laut, karena kita di sini tidak punya pendingin, tempat utuk menghasilkan es, say apernah membuang satu perah full, kawan-kawan lainya masih banyak yang sempat buat ke laut waktu itu” jelas salah satu nelayan pantai Lairoka Yunus kepada maxfmwaingapu.com .




Yunus berharap nelayan di Lairoka mendapat perhatian dan bantuan dari Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pujiastuti, agar produksi ikan setempat tidak sering – sering busuk dan dibuang kembali ke laut.

Dari pantauan maxfmwaingapu.com ikan-ikan yang ditangkap nelayan Lairoka di bawa pembeli sampai ke ibu kota Kabupaten Sumba Timur di Waingapu perjalanan dengan mobil sekitar 3 jam, bahkan ada yang dibawa untuk dijual lagi hingga ke Sumba Barat Daya berjarak 7 jam perjalanan dengan mobil dari Wulla Waijillu.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons