Scroll to Top
Musim Panas Tiba, Saatnya Mengunjungi Kolam Jodoh Dengan Jodoh Anda
Posted by maxfm on 29th Juni 2019
| 248 views


Video : Musim Panas Tiba, Saatnya Mengunjungi Kolam Jodoh Dengan Jodoh Anda

MaxFM, Waingapu – Entah siapa yang memulai menyebut tempat ini sebagai “Kolam Jodoh”.

Padahal kalau kita tiba di sekitar kolam ada tulisan di atas papan yang dipaku ke kayu denga tulisan dalam bahasa Sumba kolam “Pandjilu Watu” yang artinya tempayan air yang terbuat dari batu.

Untuk sampai ke sini tidaklah sulit, perjalanan dengan mobil dari Waingapu ditempuh sekitar sekitar 2 jam.

Dari Waingapu arahkan kendaraan menuju Lewa, sampai di pertigaan pertama di Lewa Kota, ambil jalan ke kiri, mengikuti jalan yang ada sampai di pertigaan perTama belok kiri ( kalau lurus menuju ke Mata Iyang), ikuti terus jalan utama bersapal sampai melewai Lai Hau menuju Lai Kering dan akan dapat pertigaan jalan ke kanan menuju desa Watumbelar kalau lurus akan menuju ke desa Uma Manu tempat lokasi Kolam Jodoh, pilih arah jalan luruus dan jangan belok ke desa Watumbelar kalau ingin samai di Kolam Jodoh

Bila kendaraan hampir masuk pusat Desa Uma Manu ada ajalan masuk ke kiri dan terdapat nama tempat dengan penujuk arah bertuliskan Selamat Datang di Kolam Jodoh.




Untuk sampai ke Kolam Jodoh dari penujuk arah ini hanya sekitar 1 KM dengan jalan menurun agak tajam, tetapi aman untuk dilalui kendaraan meski haru tetap berhari-hati.

Sampai di sekitar lokasi Kolam Jodoh disiapkan tempat parkir kendaraan dengan biaya parkir untuk motor RP5Ribu, Mobil RP20Ribu.

Yang mesti diwaspadai pengunjung yang menggunakan mobil saat dari penanda Kolam Jodoh ke arah tempat parkir adalah bagian jalan yang ada jembatan kecil, karena bila tidak hati-hati kendaraan yang melewati jembatan ini bisa nyangkut di jembatan kecil dari beton, , begitupn sebaliknya kalau kendaraan akan balik ke jalan utama harus berhati-hati di jembatan kecil ini apa lagi jalannya tidak padat dengan baik sehingga ban kendaraan bisa berputar di tempat dan tentu saja dengan cepat melicinkan ban mobil serta jebakan di jembatan kecil bisa menyebabkan kendaraan tertahan.

Di luar hambatan jebatan kecil dari tempat parkir ke lokasi kolom jodoh cukup ditempuh sekitar 10 menit jalan kaki melewati persawahan dan pepohonan sehingga terik matahari tidak terlalu mengganggu pengunjung dan jangan lupa biaya masuk ke Kolam Jodoh hanya Rp5Ribu perorang.

Alan salah satu pengjung dari Lewa mengatakan baru pertama kali sampai di Kolam Jodoh, sedangkan dua kawan lain sudah pernah ke sini sebelumnya.

Selebihnya silahkan menikmati indahnya Kolam Jodoh, apalagi kalau anda datang dengan calon jodoh, dan berharap si dianya akan menjadi jodoh seterusnya.
Kolam Jodoh ada di desa Uma Manu, Kecamatan lewa Tidahu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, NTT.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons