Scroll to Top
Hadiah Kemenangan Presiden Joko Widodo Berupa Kain Kambera Sudah Disiapkan Setahun Lalu
Posted by maxfm on 20th April 2019
| 2029 views
Rambu Chiko, Salah Satu Pengrajin Tenun Ikat Sumba, Dari Kaburu, Kalu, kelurahan Prailiu Kecamatan Kambera Sumba Timur, Sudah Sejak Setahun lalu Menyiapkan Kain Tenunan Khusus Sebagai Hadiah Kemenangan Presiden Jokowi Dalam Pemilu Presiden – Wakil Presiden 2019 [Foto: Heinrich Dengi]

“Saya menyiapkan hadiah khusus tenun ikat Sumba untuk Bapak Joko Widodo dan Ibu Iriana atas kemenangan dalam pemilu Presiden dan Waklil Presiden 2019.”

Hal ini disampaikan pengrajin tenun ikat Sumba Rambu Chiko kepada media ini saat pencoblosan berlangsung di TPS 017 RT 013, Kelurahan Prailiu, Kecamatan Kambera, Sumba Timur, NTT.

Kata Rambu Chiko kain tenunan sebagai hadiah utuk Presiden dan Ibu Negara ini sudah dikerjakan sejak setahun lalu.




Jejeran Kani Tenun Sumba Produksi Pengrajin Disekitar Kaburu, Kalu, Sumba Timur Dipasang Berjejer Sebai Dekorasi TPS 017 RT 013 Kel. Prailiu Sumba Timur [Foto: Heinrich Dengi]

Rambu Chiko : Ada yang sudah saya siapkan satu lembar kain dan satu lembar sarung khusus untuk bapak Presiden Joko Widodo disisaat beliau nanti terpilih menjadi Presiden di periode ke dua.

HDD : Itu memang ide sendiri?

Rambu Chiko : Itu memang ide sendiri, itu saya buat satu tahun lalu khusus untuk Pak Jokowi

HDD : Rencananya kapan mau diberikan?

Rambu Chiko : Begitu beliau menang langsung kainnya akan saya kirimkan melalui ibu Yanti, istri dari Menteri Perindustrian dan Perdagangan, untuk diberikan kepada Bapak Jokowi.

HDD : Boleh dapat bocoran kira-kira modelnya seperti apa?

Rambu Chiko : Motifnya masih dirahasiakan tapi kalau untuk jenis kainnya tentunya kain Kambera, kalau sarungya kain Kambera juga tapi saya kombinasikan dengan Pahikung, karena ebutlan Pahikung juga sekarang lagi naik daun, jadi saya kombinasikan Hemba dan Pahikung.



Tambah Rambu Chiko kain yang disiapkan khusus ini semuanya menggunakan pewarna alami dan ditenun manual.

Salah Satu Saksi di TPS 017 Rt 013 Kel. Prailiu Mengenakan Pakaian dan Aksesoris Tenun Ikat SUmba [Foto: Heinrich Dengi]

Masih kata Rambu Chiko, apa yang disiapkan sejak tahun lalu berupa tenun ikat untuk hadiah kemenangan Pilpres Presiden Joko Widodo sebagai bentuk syukur dan perasaan bangga dirinya sebagai rakyat biasa dan pengrajin tenun ikat Sumba akan sosok Presiden Joko Widodo yang merakyat, rendah hati serta sudah memberikan perhatian besar untuk pembangunan Nusa Tenggara Timur.

Dari data hitung cepat berbagai lembaga survey sampai hari ini menunjukkan pasangan Jokowi-Ma’aruf unggul atas pasangan Prabowo-Sandi.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons