Scroll to Top
WALHI NTT: Bupati & DPRD Sumba Timur Jangan Mengabaikan Keselamatan Rakyat
Posted by maxfm on 13th Maret 2019
| 1536 views
Demo Soal DBD Sumba Timur di Kantor Gubernur NTT [Foto: WALHI NTT]

MaxFM, Kupang – Sumba Timur merupakan salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Timur yang mengalami tingkat keparahan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) paling tinggi. Hasil riset di tiga Rumah sakit yang ada di kota waingapu sejak 1 Januari 2019 sampai tanggal 23 Februari 2019 sudah mencapai 460 pasien diserang DBD yang ditangani oleh ketiga RS tersebut. Pada bulan Maret 2019 penderita DBD di Sumba Timur mencapai 585 kasus, dan pada bulan tersebut angka kematian akibat DBD mencapai 15 orang warga yang meninggal (sumber pos kupang).

Hingga kini penularan virus dengue di kabupaten Sumba Timur semakin hari kian bertambah parah dan belum diselesaikan dengan baik oleh pemerintah dalam hal ini bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora. Persoalan DBD yang saat ini sudah menjadi kejadian luar biasa (KLB) masih ditangani secara biasa-biasa saja oleh pihak pemerintah daerah.

Persoalan lain yang ikut mempercepat perkembangan virus dengue salah satunya ada kaitan eratnya dengan tata kelola kota dan lingkungan hidup (sanitasi) yang bisa dibilang belum dibenahi secara baik oleh pihak pemerintah. Dengan jumlah penderita DBD yang semakin bertambah akan berpotensi besar pada angka kematian.

Demo Soal DBD Sumba Timur di Kantor Gubernur NTT [Foto: WALHI NTT]
Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons