Scroll to Top
Kabubu Palandima Pelukis Aliran Natural Ekspresif Dari Sumba
Posted by Heinrich Dengi on 7th Desember 2018
| 3898 views
Hamayang La Katoda, Lukisan karya Kabubu Palandima [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Siang itu, Selasa (04/12/2018) tanpa pemberitahuan sebelumnya saya berkunjung ke rumah Bapak Kabubu Palandima, yang hampir sepanjang hidupnya menggeluti seni lukis hingga patung di sekitar Matawai, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, NTT.

Saat saya temui di ruang kerjanya Kabubu Palandima sedang memberi warna dengan cat sebidang cetakan sekira 25cm x 25cm dari bahan pasir dan semen dengan motif sumba yang dipesan salah satu warga Waingapu untuk dipasang di rumahnya, perkiraan saya akan dipasang di tiang rumah bagian depan.

Kata Bapak Kabubu Palandima sesekali dirinya menerima pesanan seperti ini, di luar itu dirinya tetap melukis hinga di usia sekarang jalan 75 tahun.

Kata dia sejak kecil dirinya sudah senang.

“Memang sejak kecil saya sudah punya bakat memang waktu SR dulu lumayan dikenal waktu SR, waktu kelas satu SR itu, 10 tahun waktu saya masuk SR, sbelum itu saja di kampung sering saya di halaman rumah, halaman yang disapu mama dorang di tanha merah atau tanah putih saya pake jari saja saya gambar di tanah, gambar kuda, gambar kerbau, gambar orang berburuh di tanah, orang pajura,” kata bapak Kabubu Palandima, ayah dari 5 orang anak, 2 anak laki-laki, 3 anak perempuan, kepada maxfmwaingapu.com.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons