Scroll to Top
Waspadai Angin Puting Beliung dan Petir Saat Musim Pancaroba 2018
Posted by maxfm on 23rd November 2018
| 103 views
Hujan Rintik di Kalu dan Sekitranya, Jumat (23/11/2018) [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Saat ini Nusa Tenggara Timur secara umum, khususnya Sumba memasuki masa pancaroba, warga diharapkanwaspada menghadapi angin puting beliung dan petir.

Kepala Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Sumba Timur Elias Limahelu menjelaskan, pada saat akan berganti musim dari musim kering ke musim peghujan biasanya akan datang angin kencang dan petir.



“Jadi angin kencang kita perlu waspadai juga di masa pancaroba pada 3 November atau dasarian 1 dan dasarian 2 Desember 2018 biasanya angin puting beliung,hujan cukup deras dan cepat, kemudian petir perlu kita waspadai, pada musim pancaroba begini perlu diwaspadai angin puting beliung,” jelas Kepala Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Sumba Timur Elias Limahelu kepada media ini.



Masih kata Elias Limahelu, dirinya berharap warga berinisiatif untuk segera memotong pohon-pohon yang sudah berusia tua dan rapuh apalagi berada dekat rumah tinggal, karena kuatirnya saat angin puting beliung datang pohon yang sudah rapuh tumbang dan mengenai rumah warga.

Lanjut Kepala Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Sumba Timur Elias Limahelu musim pancaroba diperkirakan pihaknya dimulai pada dasarian 3 November sampai dasarian 2 Desember 2018, setelah itu baru memasuki musim penghujan.

Print Friendly, PDF & Email