Scroll to Top
Angin Munson Timur Australia Datang Hujan Menjauh
Posted by maxfm on 23rd November 2018
| 133 views
Hujan Rintik di Kalu dan Sekitranya, Jumat (23/11/2018) [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Angin Munson Timur Australia Buyarkan Kumpulan Awan di Atas Pulau Sumba

Secara normal seharusnya musim hujan sudah dimulai pada Dasarian 2 dan Dasarian 3 November 2018 di Sumba Timur dan Sumba umumnya.

Kepala Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Sumba Timur, Elias Limahelu mengatakan bila hingga saat ini hujan yang banyak belum juga turun di Sumba Timur dan sekitar disebakan karena angin Munson Timur dari Australia yang membuyarkan awan yang sudah terkumpul diatas pulau Sumba yang berpotensi sebabkan hujan.




“Secara rata-rata atau secara normal musim hujan itu untuk daerah NTT, Sumba khususnya sebenarnya November dua, November tiga ( dasarian 2, dasarian 3), lha Munson Australia angin Timurnya itu masih terasa kuat, jandi angin timur kita ini masih kuat, sehinga kadang-kadang sudah terjadi pertumbuhan awan tiba-tiba angin timur yang agak kuat itu datang menyebabkan awannya meluruh, kata Kepala Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Sumba Timur Elias Limahelu.




Masih kata Elias Limahelu, berdasarkan data BMKG ada dipihaknya diperkirakan Angin Munso Timur Australia ini akan melemah di dasarian 3 November dan terus melemah hingga dasarian 3 Desember dan akan menguat lagi di Januari 2018.

Berdasarkan data melemahnya Angin Munson Tiimur ini dan dat alainnya yang dimiliki BMKG maka prakiraan untuk musim hujan akan dimulai pada dasarian 2 dan dasarian 3 Desember 2018.

Print Friendly, PDF & Email