Scroll to Top
Pertama di Flores, Barsha Terpasang di Sungai Wae Pesi Manggarai
Posted by maxfm on 11th Oktober 2018
| 420 views
Pompa Barsha Terpasang di sungai Wae Pesi Manggarai

MaxFM, Waingapu – Pertama di daratan Flores, Pompa Barsa terpasang pasang di Kabupaten Manggarai Nuasa Tengara Timur NTT.

Adi Lagur dari SL Consultan mitra Aqysta Belanda yang hadir dalam peluncuran barsha perdana di Flores mengatakan barsha dipasang di sungai Wae Pesi, Desa Bajak, Kecamatan Reo, Kabupaten Manggarai.

Pompa Barsha Terpasang di sungai Wae Pesi Manggarai




“Ini kali pertama Barsha dipasang di Flores, dari hasi pengukuran di sungai barsha dapat memompa air hingga 36ribu liter setiap hari di sini dan mendorong sampai 2 km dari lokasi pompa serta air bisa didorong mencapai ketinggian sekitar 20 meter, jelas Adi Lagur dari SL Consultan mitra aQysta Belanda, Rabu (10/10/2018).

Lanjut Adi Lagur, air yang dipompa dari sungai ini akan dimanfaatkan untuk menanam berbagai macam sayur oleh warga sekitar dibawah bimbingan lembaga pendamping JPIC Ruteng yang dipimpin oleh Pater Simon Suban Tukan, SVD.

Caleg DPR RI Partai PSI Dapil 1 NTT Robert Soter Marut (Baju Putih) Bersama Warga Sekitar Saat Pemasangan Pompa Barsha di Manggarai



Acara peluncuran perdana barsha di Manggarai dihadiri warga sekitar yang akan menggunakan air yang dipompa dengan barsha dan Caleg DPR RI Partai PSI Dapil 1 NTT Robert Soter Marut yang ikut mensponsori terpasangnya barsha di Manggarai.

Pompa barsha dalam keadaan terpisah dibawa dari Waingapu dengan kapal laut ke Aimere dan dengan jalan darat dibawa ke Manggarai. Selanjutnya barsha yang masih terpisah di rakit di Manggarai oleh tim kerja Yayasan Komunitas Radio Max Waingapu kemudian dibawa ke sungai Wae Pesi dan dipasang di sana.

Pompa Barsa adalah pompa air tanpa menggunakan BBM fosil, hanya menggunakan arus air untuk memutar pedalnya dan mampu memompa air sampai 80Ribu liter setiap hari, bisa menaikkan air secara vertikal hingga 20 meter dan sejauh 2KM dari lokasi pompa barsha.

Print Friendly, PDF & Email