Scroll to Top
Desa Harakamali Munculkan Inovasi Stik Rumput Laut
Posted by maxfm on 28th September 2018
| 140 views
Stik Rumput Laut dati Desa Harakamali, Kecamatan Wulawaijelu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, NTT [Foto: Hendrina Pe]

MaxFM, Waingapu- Desa Harakamali, Kecamatan Wulawaijelu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, NTT memunculkan inovasi stik dari rumput laut dalam Burssa Inovasi Desa 2018.

Salah satu penghasil stik rumput laut dari desa Harakamali, Siti Bariah mengatakan ada banyak produk makanan yang dihasilkan dari rumput laut di tempatnya.

“Banyak sih, ada yang namanya stik ketan rumput laut, ada juga keripik, krupuk, stik keju dan bisa yang lain-lain, yang basahan juga bisa seperti kue-kue juga bisa dibikinan juga dengan ruput laut ini,” jelas penghasil keripik rumput laut dari desa Harakamali, Kecamatan Wula Waijelu Siti Bariah, kepada media saat Bursa Inovasi Desa, Jumat (28/09/2018)




Tambah Siti Bariah, awalnya, dia hanya dengar-dengar dari teman kemudian mendapat pelatihan pembuatan produk rumput laut dari lembaga swadaya masyarakat.

Produk yang dihasilkan sudah dijual ke beberapa tempat seperti kios-kios, bandara, dan ditawarkan ke acara-acara kedinasan.

Wakil Bupati Sumba Tmur, Umbu Lili Pekuwali Mengunjungi Salah Satu Stan Bursa Inovasi Desa [Foto: hendrina Pe]


Pada hari raya, pesanan semakin meningkat terutama dari orang-orang di kota karena produk ini terbuat dari bahan-bahan lokal dan bebas dari MSG. Di desa Harkamali sudah ada dua kelompok yang maish tetap mengerjakan olahan ini.

Kegiatan ini dilakukan di Gedung Umbu Tipuk Marisi Waingapu dan dibuka oleh Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali serta dihadiri oleh pimpinan daerah lainnya dan ratusan perutsan desa di Sumba Timur.

[Hendrina Pe Mahasiswa UNWIRA Kupang jurusan Ilmu Komunikasi sedang KKL di Radio MaxFM Waingapu]

Print Friendly, PDF & Email