Scroll to Top
Desa di Sumba Timur Segera Pamer Inovasi Dalam Bursa Inovasi Desa 2018
Posted by maxfm on 25th September 2018
| 553 views
Kadis Pemberdayaan Masayarakat Desa, Yakobus yiwa [Foto; Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Desa-desa di Sumba Timur Nusa Tenggara Timur, NTT akan memamerkan inovasi yang sudah dilakukan di desa pada kegiatan Bursa Inovasi Desa pada 28 September 2018.

Berbagai inovasi yang sudah dilakukan oleh desa-desa di Sumba Timur akan ditampailkan dalam bursa inovasi desa, dengan harapan pengurus desa yang datang dalam kegiatan ini bisa berbagi pengalaman bahkan mencontoh hal baik yang dilakukan desa lain untuk bisa diterapkan di desa masing-masing.




Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumba Timur Yakobus Yiwa mengatakan bursa Inovasi Desa adalah salah satu kegiatan yang mesti dilakukan sebelum desa sampai pada penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.

Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur hadir dalam Bursa Inovasi Desa 2017



“Nanti kita laksanakan bura inovasi desa di situ mereka lihat ide-ide bagus, mereka membuat komitmen, mereka jabarkan dalam APBDES, sesuai dengan arakteristik wilayah msing-masing, yang cocok dengan desa masing-masing memanfaatkan dana desa, jadi memang alurnya itu bursa dulu, baru mereka mulai melakukan peyusunan RAPBDES untuk tahun berikutnya,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumba Timur Yakobus Yiwa, Selasa (25/09/2018).

Beberapa Perutusan Desa Menonton Video Salah Satu Inovasi yang ada di Desa Mbatakapidu Yakni Pompa Barsha, Pompa Air Tanpa BBM Fosil



Masih kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumba Timur Yakobus Yiwa, masing-masing desa dari 140 desa di Sumba Timur akan diwakili paling tidak 3 orang yang diutus desa untuk mengambil bagian di kegiatan ini, dan perwakilan desa ini nantinnya diakhir acara akan memberikan keputusan atau komitmen mau melakukan apa di desa di tahun berikutnya.

Di arena Bursa Inovasi Desa di Gedung UT Marisi akan dibuka Ruang Bursa A meliputi berbagai inovasi infrastrukur, Ruang Bursa B inovasi dalam bidang kewirausahaan / ekonomi, dan ruang bursa C untuk inovasi sumber daya manusia.

Print Friendly, PDF & Email