Scroll to Top
Menyimak Tiga Dongeng: Wilayah Beda Tema Sama
Posted by maxfm on 30th Mei 2018
| 10684 views
Frans W. Hebi, Wartawan Senior, Budayawan, Narasumber Tetap Acacra Bengkel Bahasa Radio MaxFM [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Tiga dongeng dimaksudkan, Memancing, karya I Wayan Arka, Umbu Miata, karya B. Retang Wohangara, dan Putri Kandil karya kami.

Memancing, dongeng berasal dari Rongga, Manggarai, Flores. Kami kutip dari buku Cerita Bahasa Rongga salah satu dari 18 cerita. Umbu Miata, dari Kambera, Sumba Timur. Kami kutip dari Cerita Rakyat Sumba, salah satu dari 10 dongeng. Dan Putri Kandil, dari Kodi Sumba Barat Daya. Belum diterbitkan meskipun kami sudah menulis dua buku masing-masing berjudul, Cerita Rakyat Sumba dan Cerita Rakyat Kodi, bahan Mulok di SD.

Kami kaget ketika membaca kedua buku tadi, Memancing dan Umbu Miata. Karena baik tema sentral maupun isi ceritanya sama. Adapun plot atau alur cerita serta pengembangannya bervariasi namun ide sentral tetap sama. Adanya variasi pasti kita maklumi bersama bahwa dongeng-dongeng pada umumnya termasuk Sumba, anonim. Artinya tidak diketahui siapa penceritanya. Kita mewarisinya hanya lewat cerita dari mulut ke mulut.

Dari sinilah timbulnya variasi, dalam arti menambahkan atau mengurangi cerita aslinya.

Yang benar-benar sama dari ketiga cerita tadi, adanya pemancing yang pancingnya diputuskan oleh ikan raksasa. Bedanya, jika dua cerita, Umbu Miata dan Putri Kandil pemancing menggunakan mata kail dan talinya yang terbuat dari emas, dalam cerita Memancing tidak demikian.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons