Scroll to Top
Diperkirakan Curah Hujan Meningkat dalam 3 Hari Mendatang
Posted by maxfm on 5th Januari 2018
| 480 views

MaxFM, Waingapu – Dalam tiga hari ke depan diperkirakan curah hujan akan meningkat di Sumba Timur dan Sumba umumnya.

Kepala Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Sumba Timur, Elias Himahelu mengatakan peningkatan curah hujan pada 3 hari mendatang diakibatkan karena terjadi tekanan rendah di bagian Barat Daya Indonesia sehingga terjadi sirkulasi siklonik yang menyebakan terjadinya pengumpulan masa udara sehingga terbentuknya awan-awan konvektif di Sumba.

“Awan-awan konvektif ini di kita khususnya Sumba Timur atau Sumba bisa pada 3 hari kedepan kita perkirakan bahwa akan terjadi curah hujan yang akan meningkat, pada hari ini agak siang hingga malam kita perkirakan berawan hingga hujan ringan, demikian tangga 6 Januari juga,” jelas Kepala Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Sumba Timur Elias Limahelu, ketika diwawancara pertelepon pagi tadi Jumat (05/01/20178) di acara Warga Bicara Radio MaxFM.




Lanjut Kepala Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Sumba Timur Elias Limahelu, puncak musim hujan di Sumba akan terjadi di Januari hingga Februari 2018, intensitas hujan pada Januari hingga Februari 2018 akan lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya. Lanjut Elias Limahelu, data yang tercatat selama 30 tahun terakhir juga menunjukkan rata-rata puncak musim hujan di Sumba di bulan Januari dan Februari.

Masih kata Elias Limahelu pihaknya meminta warga waspada selama puncak musim hujan ini, karena di bulan sebelum puncak musim hujan, dengan curah hujan yang ada kita sudah mendapat informasi banjir cukup besar dan di wilayah tertentu banjir merusak jembatan dan jalan raya.

Print Friendly, PDF & Email