Scroll to Top
Hari Cakupan Kesehatan Semesta
Posted by maxfm on 12th Desember 2017
| 2325 views
FX. Wikan Indrarto : Sekretaris IDI Wilayah DIY, Dokter Spesialis Anak di RS Siloam dan RS Panti Rapih Yogyakarta

MaxFM, Waingapu – Hari Cakupan Kesehatan Semesta (Universal Health Coverage Day) diperingati pada Selasa, 12 Desember 2017, untuk menyerukan agar semua negara memberikan perawatan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau, kepada setiap orang di manapun tinggal. Apa yang sebaiknya disadari?

Ketika 193 negara atau semua anggota PBB menyetujui agenda ambisius dalam ‘the Sustainable Development Goals‘ (SDG) di New York 12 Desember 2016, kita semua sepakat akan menciptakan dunia yang lebih aman, lebih adil, dan lebih sehat pada tahun 2030 dengan menciptakan cakupan kesehatan semesta atau ‘Universal Health Coverage’ (UHC). UHC didasarkan pada prinsip bahwa semua anggota masyarakat harus menerima layanan kesehatan yang berkualitas yang mereka butuhkan, tanpa mengalami kesulitan keuangan.

UHC dalam padangan Prof. Amartya Sen, penerima Hadiah Nobel Bidang Ekonomi tahun 1998, adalah “mimpi yang terjangkau”. Investasi pada sektor kesehatan tidak hanya berdampak meningkatkan populasi yang sehat, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaaan dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, UHC tidak hanya menjamin dan menjaga kesehatan, tetapi juga kesejahteraan individu dan masyarakat. UHC akan meningkatkan lowongan pekerjaan dan peluang ekonomi, khususnya bagi perempuan dan pemuda, sebagai bagian dari program mengakhiri kemiskinan.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons