RSUD Umbu Rara Meha Bersiap Menuju Rumah Sakit Tipe B
Ditulis oleh maxfm on 14th September 2017
| Dilihat 688 kali
Bupati Sumba Timur Drs. Gidion Mbilijora, M.Si., sesaat setelah keluar dari meninjau ruang operasi mata RSUD Umbu Rara Meha [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Pemerintah Daerah Pemda Sumba Timur sedang mempersiapkan Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Umbu Rara Meha naik satusnya dari yang sekarang tipe C plus menjadi tipe B di 2019.

Menurut Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora, pemerintah serius menjadikan RSUD Umbu Rara Meha tipe B.

“Saat ini RSUD Umbu Rara Meha tipe C plus, kita rencana 2019 mau atau tidak mau rumah sakit ini harus menjadi tipe B, itu target kita, karena itu sarana prasarana rumah sakit sedang dilengkapi satu persatu, selain itu karena rumah sakit ini menuju tipe B, maka pemda juga harus menyiapkan lagi rumah sakit dengan tipe di bawahnya di berapa wilayah Sumba Timur, kata Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora, baru baru ini.



Tambah Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora, setiap tahun pemda menyiapkan dana yang cukup untuk penambahan perlatan yang dibutuhkan, juga menyediakan tenaga kesehatan yang ahli di bidangnya termasuk dokter umum juga dokter spesialis.

Bupati Gidion Mbilijora juga mengatakan, saat ini selain peralatan sudah mata yang sangat memadai serta tersedia dokter ahlinya, dan yang sedang dipersiapkan juga untuk diinstalasi adalah peralatan radiologi modern untuk rumah sakit Umbu Rara Meha.

Ruang Poli Mata RSUD Umbu Rara Meha, dengan peralatan pemeriksaan mata modern [Foto: Heinrich Dengi]

Direktur RSUD Umbu Rara Meha dokter Lely Harakai menyatakan kesiapan rumah sakit menujut tipe B. Karena itu kata dokter Lely Harakai, pihak rumah sakit terus berbenah selain penambahan berbagai peralatan yang paling utama kata dia adalah mempersiapkan tenaga ahli yang dibutuhkan rumah sakit seperti dokter umum dan dokter ahli serta tenaga kesehatan lainnya yang diperlukan.




Khusus untuk Radiologi saat ini pihak rumah sakit sudah memiliki dokter ahli yakni dokter Rudi Damanik Sp.Radiologi dan berbagai peralatan radiologi terbaru sudah tiba di rumah sakit tinggal memasangnnya di ruang yang juga sedang disiapkan. Peralatan Radidologi yang tinggal di tunggu waktu dipasang antar lain Alat radiologi DR, USG 4 Dimensi, Mobile X Ray, Dental X Ray dan CT Scan, masih kata dokter Lely Harakai, peralatan lain yang sedang dipesan adalah Probe Echo.

Masih kata dokter Lely Harakai, kedepan dirinya berharap rumah sakit Umbu Rara Meha bisa menjadi rumah sakit rujukan di pulau Sumba, bahkan pasien dari luar Sumba juga bisa memanfaatkan sarana yang ada di sini.

Print Friendly, PDF & Email
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someone
Berita lainnya:close