Scroll to Top
Berjalan Sukses: Operasi Katarak Pertama di RSUD Umbu Rara Meha
Posted by maxfm on 29th Juli 2017
| 2131 views


Foto : Dokumen Dokter Lely Harakai

MaxFM, Waingapu – Operasi Katarak pertama di Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Umbu Rara Meha Sumba Timur Nusa Tenggara Timur NTT berjalan sukses.

Dokter Novi Endah, Sp.M. yang melakukan operasi di RSUD Umbu Rara Meha mengatakan operasi katarak bagi pasiennya pagi tadi berjalan lancar dan tidak ada kendala berarti.

“Operasi katarak itu ada 2 macam, ada yang perlu jahitan dan ada yang tanpa jahitan, sementara yang kita lakukan di sini itu masih dengan jahitan, karena alat yang kita punya baru itu, yang dilakukan di rumah sakit ini baru operasi katarak, teknik yang kita gunakan adalah teknik ekstraksi katarak ekstra vaskuler, dengan pemasangan intra okuler lensa, jelas dokter Novi Endah, Sp.M. di rumah dinasnya di kompleks perumahan dokter RSUD Umbu Rara Meha Jumat sore (28/07/2017).

Dokter Novi Endah, Sp.M. – Dokter Spesialis Mata di RSUD Umbu Rara Meha Sumba Timur NTT [Foto: Heinrich Dengi]

Masih kata dokter Novi Endah, Sp.M., peralatan yang dimiliki RSUD Umbu Rara Meha sudah standar dan bisa digunakan untuk operasi katarak dengan baik, dan hari Sabtu (29/07/2017) akan dilakukan opersi katarak kepada satu orang pasien lagi. Tambah dokter Novi Endah, Sp.M., tentang obat-obatan yang dibutuhkan umumnya tersedia dan yang belum ada pihak rumah sakit akan mengadakannya segera.

Tambah dokter Novi Endah, Sp.M., selama melayani di RSUD Umbu Rara Meha hampir 2 bulan ini, rata-rata pasien katarak yang datang di poli mata sekira 7 orang per hari.

Sementara itu, direktur RSUD Umbu Rara Meha dokter Lely Harakai mengatakan, kini sudah saatnya masyarakat Sumba yang mengalami persoalan mata seperti katarak tidak perlu pergi jauh lagi ke luar Sumba untuk mendapatkan pelayanan operasi katarak, karena sejak hari ini Jumat (28/07/2017) operasi katarak sudah bisa dilakukan di RSUD Umbu Rara Meha dan ini sangat membantu masyarakat untuk mengurangi beban biaya akomodasi saat operasi misalkan pasien dan keluarganya harus ke Kupang, Bali atau Surabaya.

Masih kata direktur RSUD Umbu Rara Meha dokter Lely Harakai, pihaknya berharap kehadiran dokter spesialis mata di RSUD Umbu Rara Meha bisa dimanfaatkan betul oleh masyarakat Sumba untuk memeriksakan mata, sehingga bila ada kelainan di mata bisa segera ditangani ahlinya. Dokter Lely juga mempersilahkan Rumah Sakit di Sumba Timur, Kabupaten Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya untuk merujuk pasien dengan keluhan mata ke RSUD Umbu Rara Meha. Pihaknya berjanji akan memberikan pelayanan sebaik mungkin yang bisa diberikan RSUD Umbu Rara Meha.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons