Scroll to Top
Ledakan Belalang Kembara : Pestisida dan Dampaknya
Posted by maxfm on 16th Juni 2017
| 7123 views
Sri Ita Tarigan, SP, MSi – Progdi Agroteknologi, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Kristen Wira Wacana Sumba [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Pestisida adalah bahan yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, atau membasmi organisme pengganggu tanaman. Sasarannya bermacam-macam, seperti serangga, tikus, gulma, burung, mamalia, ikan, atau mikroba yang dianggap mengganggu pertumbuhan. Secara umum pestisida dibagi ke dalam 2 jenis yaitu pestisida sintetik dan pestisida alami (biopestisida).

Pestisida sintetik yaitu pestisida yang terbuat dari bahan kimia murni, sedangkan pestisida alami (biopestisida) yaitu pestisida yang bahan kimianya berasal dari bahan bahan tumbuhan yang mengandung senyawa beracun.

Penggunaan pestisida kimia memang berhasil membantu petani mengatasi hama penyakit tanaman dan meningkatkan produksi atau hasil pertanian cukup tinggi. Namun ternyata pemakaian pestisida secara terus menerus dengan dosis yang semakin meningkat menyebabkan dampak yang luar biasa pula. Hal inilah yang mengharuskan kita untuk lebih bijaksana dalam pemakaian pestisida dan mencari solusi alternatif.

Dampak negatif penggunaan pestisida kimia yang diaplikasi secara terus menerus dan berlebihan sebagai berikut:

1 Hama menjadi Resisten
Resistensi hama terhadap pestisida ini terjadi karena pemakaian pestisida dengan bahan aktif yang sama secara terus menerus (misalnya: deltamatetrin-deltametrin) Dampak lanjutan dari resistensi hama adalah akan terjadi peningkatan dosis pestisida sehingga biaya produksi pertanian juga akan semakin tinggi. Dalam usaha penggendalian hama pada tanaman suatu waktu disemprot pestisida dengan dosis tertentu lain waktu apabila ada serangan hama yang sama disemprot dengan dosis yang sama tidak akan mempan, makanya biasanya dosisnya dinaikkan. Solusinya kalau tidak bisa mengghindari penggunaan pestisida maka harus dilakukan pergantian jenis pestisida (rotasi bahan aktif yang digunakan).

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons