Scroll to Top
Puluhan Hektar Sawah Di Tanaraing Rusak Diterjang Belalang Kembara
Posted by maxfm on 3rd Mei 2017
| 1742 views

Belalang Menyerang Sawah Warga Desa Tanaraing [ Foto: Yulius Dundu Tai ]

MaxFM, Waingapu – Belalang Kembara menyerang puluhan hektar sawah warga di desa Tanaraing, Kecamatan Rindi, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, NTT, akibatnya tanaman padi warga rusak.

Yulius Dundu Tai warga Mangili yang berkunjung ke Desa Tanaraing mengatakan, belalang Kembara banyak terdapat di padang sekitar Tanaraing dan mulai memasuki kebun warga.


Belalang Menyerang Sawah Warga Desa Tanaraing [Foto:Yulius Dundu Tai]

“Tadi kami sempat ketemu warga di sana dong (belalang) sudah masuk di sana, kalau sawah-sawah di Tanaraing, di pinggiran sudah kena, salah satu warga lahan sawahnya 25 Are, itu sudah rata, itu baru satu warga, sedangkan di desa situ yang ada lahan persawahan sekitar 300-an KK,” jelas Yulius Dundu Tai yang dihubungi per telepon siang tadi, Rabu (03/05/2017).

Masih kata Yulius Dundu Tai, seperti yang dilihatnya, belalang Kembara memakan habis padi yang ada di lahan warga setempat, ukuran belalang ada yang masih kecil dan melompat-lompat, ada juga yang mulai memiliki sayap. Belalang Kembara, lanjut Yulius, datang dari arah padang dan secara bergerombol berbaris menuju kebun warga Desa Tanaraing.

Tambah Yulius Dundu Tai, stok obat yang ada 3 masyarakat setempat hanya 3 botol Confidor dan warga sudah gunakan sebagai obat untuk membunuh kawanan belalang Kembara yang ada disekitar sawah dan cukup banyak belalang yang mati, tetapi belalang Kembara yang datang ke arah kebun warga tidak berhenti.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons