Scroll to Top
Sumba Timur hadapi Kejadian Luar Biasa Demam Berdarah
Posted by maxfm on 26th Maret 2017
| 1587 views

MaxFM, Waingapu – Satu orang meninggal akibat demam berdarah di Sumba Timur NuSa Tenggra Timur NTT. Pemerintah Daerah tetapkan status Kejadian Luar Biasa KLB Demam Berdarah.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Umbu Rara Meha dokter Lely Harakai mengatakan pasien demam berdarah yang sudah dirawat RSUD Umbu Rara Meha sekitar 30 orang, pasien lainnya ditangani rumah sakit lain di Waingapu.

“Dari Januari sampai Maret 2017 kita punya 26 kasus Demam Berdarah, yang dirawat saat ini 4 di ruang anak 1 di ICU, satu pasien umur 5 bulan di sekitar kota Waingapu meninggal dunia akibat demam berdarah,” kata Direktur RSUD Umbu Rara Meha, Lely Harakai di ruang kerjanya.

Lanjut dokter Lely Harakai, pihak rumah sakit di dukung pemerintah daerah setempat mempunyai persediaan obat-obatan yang cukup untuk menghadapi kasus demam berdarah.

Tambah dokter Lely Harakai kebutuhan mendesak pihak rumah sakit dalam menghadapi kasus demam berdarah yang meningkat drastis adalah kekurangan stok darah di bank darah RSUD Umbu Rara Meha.

“Biasanya kalau ada pasien kita mesti mencari, walaupun kita punya data base untuk pendonor-pendonor kita berusah menghubungi data base pendonor aktif itu, tetapi tetap kebutuhannya tidak menutupi, sehingga kalau ada pasien seperti itu, kita minta bantuan keluarga juga,” jelas direktur RSUD Umbu Rara Meha Sumba Timur, dokter Lely Harakai.

Masih kata dokter Lely Harakai, untuk memenuhi kebutuhan darah bagi pasein, selain meminta keluarga mencari pendonor, pihaknya juga menggunakan media sosial dan radio untuk mengajak warga setempat agar suka rela mau mendonorkan darah, sehingga bila datang lagi pasien demam berdarah, stok darah di tempatnya cukup.

Hingga hari ini lebih dari 40 kasus demam berdarah terjadi di Sumba Timur.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons