Scroll to Top
Fobia Itu Penyakit Atau Bukan?
Posted by Frans Hebi on 28th Desember 2016
| 3739 views
Frans W. Hebi – Pengasuh Acara Bengkel Bahasa Max FM [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Kata fobia (fobi) berasal dari phobia (Yunani, phobos) yang artinya takut. Menurut Jaya Suprana dalam buku Alasanologi, istilah fobia sering digunakan dalam bidang psikiatri yang mengungkapkan rasa takut berlebihan tanpa alasan yang jelas sehingga berakibat gangguan mental seperti achluophobia (takut gelap), acrophobia (takut tempat yang tinggi), agoraphobia (takut tempat tertentu), agyrophobia (takut menyeberang jalan), ablutophobia (takut mandi), claustrophobia (takut terkurung dalam ruangan), xeno-phobia (takut orang asing atau apa saja yang asing).

Ablutophobia (takut mandi), saya pernah mengenal seorang bapak dari Tanamaringi berbatasan dengan Kodi, kini Kabupaten Sumba Barat Daya. Dia mendatangi saya di Lewa untuk meminta bantuan di Departemen Agama Kabupaten Sumba Barat (waktu itu belum mekar), berikut di Kejaksaan Negeri, Kapolres, karena dia mau membuat hajatan besar-besaran terkait dengan peresmian aliran kepercayaan baru yang dipimpinnya yang dinamakan Kapose-Kawuku (Sang Pemersatu). Dia sendiri sebenarnya beraliran kepercayaan Marapu. Maksud minta bantuan agar saya menjelaskan kepada pihak-pihak terkait supaya bersedia memahami apa yang dia lakukan jangan sampai dikira mau merongrong pemerintah.

Karena banyak tugas yang harus saya selesaikan waktu itu saya minta dia bersabar selama satu minggu. Dia pun setuju dan menunggui saya untuk bersama-sama dengannya. Mengherankan. Beberapa kali anak-anak menyiapkan air mandi tapi dia selalu menolak. Kami mengira mungkin dia perasaan. Lalu saya memberanikan diri bertanya mengapa bapak ini tidak mau mandi. Dia menjawab, ini berbahaya. Karena begitu mandi hujan lebat akan turun dan tidak mau berhenti yang akan menimbulkan banjir bandang yang membahayakan. “Tidak apa-apa bapak, apa lagi sawah-sawah kami di Lewa sudah hampir dua minggu tidak kehujanan” Saya menggodanya. Lalu bapak yang bernama Bili Dangga ini mengatakan dia bisa mandi asal beritahu semua petani Lewa dan saya akan memberikan persyaratan.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons