Scroll to Top
Sumba Timur Darurat Bencana Hama Belalang
Posted by maxfm on 18th Juli 2016
| 1686 views

Bupati Sumba Timur: Drs. Gidion Mbilijora M.Si. [Foto: Heinrich Dengii]

Bupati Sumba Timur: Drs. Gidion Mbilijora M.Si. [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Sumba Timur darurat bencana hama belalang kembara.

Dalam pernyataannya kepada media siang ini, Kamis (14/07/2016), Bupati Sumba Timur Nusa Tenggara Timur NTT, Gidion Mbilijora mengatakan, menimbang berbagai aspek serangan belalang kembara yang sudah mencakup 6 kecamatan dari 22 kecamatan di Sumba Timur dan menyerang ratusan hektar padang penggembalaan, maka pihaknya sampai pada putusan Sumba Timur darurat bencana hama belalang kembara.

“Saya baru kemarin ( Rabu 13/07/2016) menandatangani status Sumba Timur sebagai darurat bencana hama belalang kembara, walaupun dari sisi kerugian petani belum (jelas terlihat) tetapi kalau ini tidak ditangani secepatnya itu akan menjadi bencana yang luar biasa, beruntung sekarang belalang yang ada masih terkosentrasi di padang-padang penggembalaan, tetapi konsekuensinya itu ternak akan mengalami kekurangan pakan juga,” kata Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora Kamis (14/07/2016) dalam jumpa pers di ruang kerjanya.

Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora menambahkan Pemda setempat sudah menyiapkan dana dari APBD untuk membantu masyarkat menghadapi hama belalang kembara.

“Persiapan dana kita ada sekitar 2 Milyar lebih di pos tak terduga APBD kita, kita ada siapkan itu sewaktu-waktu dibutuhkan apakah untuk pengadaan obat, bantuan darurat untuk masyarakat yang terkena bencana kalau tanamannya dihabiskan belalang, kita juga sudah laporkan ke Gubernur,” jelas Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora.

Sementara itu Yunus Takandewa Sekretaris Fraksi PDIP DPRD NTT saat diwawancara pertelepon Rabu (13/07/2016) mengatakan dalam rapat Komis V DPRD NTT baru-baru ini, Komisi V DPRD NTT sudah meminta kepada Dinas Sosial NTT untuk membuka posko darurat bencana di Sumba Timur bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD NTT.

Selain membuka posko darurat bencana, Komisi V DPRD NTT kata Yunus Takandewa juga meminta Dinas Sosial menyiapkan 200 ton cadangan beras bencana sosial untuk Sumba Timur.

6 Kecamatan yang sudah terserang belalang kembara di Sumba Timur adalah Kecamatan Pahunga Lodu, Rindi, Uma Lulu, Kahaungu Eti, Pandawai dan Kambata Mapambuhang.

Dari pantauan di lapangan, brigade pembasmi hama belalang kembara terus bekerja membasmi belalang kembara menggunakan pestisida kimia Confidor yang disemprotkan ke lokasi dimana belalang kembara berkumpul.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons