Scroll to Top
Belalang Kembara Serang Pisang dan Kelapa Warga Desa Kilimbatu
Posted by maxfm on 9th Juli 2016
| 1617 views

Belalang Kembara [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Belalang Kembara menyerang kelapa dan pisang warga Desa persiapan Kilimbatu, Kecamatan Pandawai Sumba Timur Nusa Tenggara Timur NTT.

Seminggu sebelumnya serangan belalng ini masih di bagian Timur Sumba Timur, sekarang lokasi serangan belalang kembara makin dekat ibu kota Kabupaten Sumba Timur, Waingapu.

Petugas lapangan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikulura Sumba Timur, Herman yang dihubungi lewat telepon genggamnya, Kamis (07/07/2016) mengatakan sore ini dirinya dan 6 petugas lain baru saja pulang penyemprotan pestisida kimia untuk membunuh belalang kembara di Desa Maubokul Kecamatan Pandawai Sumba Timur, sekarang lagi siap-siap ke Desa persiapan Kilimbatu.

“Kalau yang sudah terbang itu harus semprot malam, sehingga tidak lompat-lompat, dia punya terbang itu tiak terlalu jauh, memang tadi malam kami sudah semprot ( di Desa persiapan Kilimbatu) tetapi tadi pagi yang kami pigi pantau itu masih banyak, maka sekarang ini sedikit lagi kami mau meluncur ke sana (Desa persiapan Kilimbatu), pokoknya kelapa dan pisang yang belalang sudah mulai hinggap,” kata petugas lapangan Dinas Pertanian Sumba Timur, Herman.

Tambah Herman, saat penyemprotan belalang siang tadi di desa Maubokul belalang yang berpindahnya dengan melompat banyak, juga terpantu belalang yang sudah bisa terbang cukup banyak.

Sementara itu ketua kelompok tani Matawai Amahu desa Yubuwai, Kecamatan Kahaungu Eti, Sumba Timur,  Paulus Warandoi, Kamis (07/07/2016) mengirim pesan singkat yang menyatakan sudah pasrah dengan keadaan, “Kami sudah tidak lagi menyemprot belalang Kembara di Desa Yubuwai, kami menyerah.”

Tambah ketua kelompok tani Matawai Amahu desa Yubuwai, Paulus Warandoi, sekarang belalang yang sudah bisa terbang banyak sekali.

Selain karena banyak sekali belalang yang csudah bisa terbang lanjut Paulus pihaknya tidak lagi melakukan penyemprotan untuk membunuh belalang kembara karena kekurangan tenaga di lapangan, “Orang yang membantu penyemprotan hanya itu-itu saja, berapa kuat kita kalau tiap hari semprot, tidak ada tenaga lain yang membantu penyemprotan hama belalang,” kata Paulus.

Hingga malam ini, tim dari Dinas Pertanian Sumba Timur sedang melakukan penyemprotan menggunakan pestisida kimia untuk membunuh belalang kembara di Desa persiapan Kilimbatu.

Heinrich Dengi, Waingapu Sumba Timur NTT

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons