Scroll to Top
Yasutake Youichiro: “Mimpi Saya Jadi Kenyataan”
Posted by Heinrich Dengi on 24th Mei 2016
| 1813 views

Salah Seorang Mama Sumringah Setelah Bisa Mendengar Lagi Dengan Alat Bantu Dengar [Foto: Heinrich Dengi]
Salah Seorang Mama Sumringah Setelah Bisa Mendengar Lagi Dengan Alat Bantu Dengar [Foto: Heinrich Dengi]
MaxFM, Waingapu – Ini pengalaman pertama saya berurusan dengan basodara yang punya masalah dengan pendengaran. Memang sekarang pendengaran saya tidak bermasalah tetapi entahlah dalam beberapa tahun ke depan, jadi kesempatan ini sekalian belajar.

Di ruang yang tidak terlalu besar di Rumah Sakit Kristen Lindimara Payeti, seorang laki-laki muda berbadan besar terlihat sigap memperkirakan besarnya lubang telinga,  panjang bagian plastik kecil dan kuat yang akan disambungkan degan alat dengar. Laki-laki muda itu dengan hati hati melakukannya dan mempersiapkan 1 alat bantu dengar untuk 1 orang pasien yang terganggu pendengarannya.

Salah Satu Pasien Menjabat Tangan Yasutake Youichihiro dan Nagata Kiyoshi  [Foto: Hinrich Dengi]
Salah Satu Pasien Menjabat Tangan Yasutake Youichiro dan Nagata Kiyoshi [Foto: Hinrich Dengi]
Dibantu seorang perawat, komunikasi perawat dan pemuda yang mempersiapkan alat dengar hanya dengan bahasa isyarat yang tentu saja kadang kala sulit ditebak yang dimaksud. Yang laki dikenal di daerahnya dengan nama Yasutake Youichiro. Penerbangan 7 Jam dari Tokyo membawanya ke Bali dan kesesokan harinya meneruskan perjalan ke Waingapu. Yasutake ditemani seniornya dalam pelayanan seperti ini yakni Nagata Kiyoshi.

Diruang yang sempit itu Nagata Kiyoshi tidak banyak melakukan hal yang membantu pasien yang pendengaran terganggu, ia hanya melihat apa yang dilakukan Yasutake dan sesekali memberikan masukan kepada Yasutake dalam bahasa Jepang yang juga tidak saya mengerti.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons