Scroll to Top
Belalang Hijau Menyerang Puluhan Hektar Lahan Jagung di Kadahang
Posted by maxfm on 1st Maret 2016
| 2056 views


Kebun Jagung Julius Ndamunamu di Kadahang [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Belalang hijau menyerang puluhan hektare tanaman jangung warga desa Kadahang, kecamatan Haharu Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, NTT.

Ketua Rukun Warga RW 05 desa Kadahang Julius Ndamunamu mengatakan serangan belalang ini sudah berlangsung selama lebih dari satu bulan terakhir.

“Memang kalau jagung ini Pak, memang kami tidak punya harapan lagi, karena mati dari panas matahari, hujan tidak ada, ditimpa lagi oleh belalang kami tidak punya pengharapan lagi,” kata ketua RW 05 desa Kadahang Julius Ndamunamu Sabtu(27/02/2016).

Tambah Julius Ndamunamu harapan untuk sumber makan hanya jagung “Memang kalau untuk makan ini Pak, memang kami tidak ada pengharapan lain lagi, hanya jagung harapan kami, tetapi karena jagung rusak maka habis sudah harapan kami, memang kami sudah melapor ke Kepala Desa, tetapi sampai sekarang belum ada yang datang melihat kami.”

Belalang Hijau di Kebun Pak Julius Ndamunamu di Kadahang
Belalang Hijau di Kebun Pak Julius Ndamunamu di Kadahang
Lanjut Julius Ndamunamu lahan jagung yang dikerjakannya 0,5 Ha semuanya terserang hama belalang, sedangkan total lahan warga Rukun Warganya sekira 10 Ha yang terserang belalang, kata dia lagi sepanjang mondu di Kadahang warga menanam jagung dan hampir semuanya terserang hama belalang.

Total lahan warga di sekitar mondu sungai Kadahang yang ditanam jagung sekitar 80 Ha.

Dari pantauan MaxFM, belalang hijau ukuran kecil sampai besar yang menyerang jagung warga, mengabiskan daun jagung dan membuat jagung mati perlahan-lahan. [Heinrich Dengi]

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons