Scroll to Top
Sensus Ekonomi Untuk Pendataan Usaha Masyarakat
Posted by maxfm on 5th Januari 2016
| 1347 views


Kepala BPS Sumba Timur : Ramly K. T. Kusumo [Foto: Heinrich Dengi]

Sensus ekonomi di Sumba Timur Nusa Teggara Timur NTT akan dilaksanakan pada Mei 2016.

Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumba Timur Ramly K. T. Kusumo mengatakan, sensus ekonomi biasanya berulang stiap 10 tahun sekali dan tahun yang berakhiran angka 6 menjadi tahun pelaksanaan sensus ekonomi dan dimaksudkan untuk pendataan terhadap seluruh perusahaan baik yang berbadan usaha maupun perorangan disemua sektor kecuali sektor pertanian.

“Pelaksanaan sensus ekonomi ini lebih pada sasaran wilayah yang padat usaha, untuk perkotaan seluruh desa kelurahan kita punya namanya walayah kerja blok sensus, seluruh blok sensus dilakukan pendataan dan kalau wilayah pedesaan kita bagi dalam dalam wilaya konsentrasi dan non konsentrasi,” kata Kepala BPS Sumba Timur Ramly K. T. Kusumo di ruang kerjanya Selasa (05/01/2016).

Lanjut Kepala BPS Sumba Timur Ramly K. T. Kusumo, saat melakukan pendataan petugas Sesus akan membawa kuestioner dan saaat melakukan pendataan berkaitan dengan usaha yang dilakukan oleh pengusaha meliputi antara lain jumlah tenaga kerja, omset, struktur biaya dan masih banyak lainnya.

Masih Kata Ramly K. T. Kusumo, untuk sensus ekonomi ini pihaknya menyiapkan petugas untuk melakukan pendataan sampai di wilayah Sumba Timur yang paling jauh dan sulit untuk dijangkau seperti salah satunya di Salura, dimana untuk sampai ke Salura petugasnya akan menggunakan perahu motor untuk trasnportasi laut.

Tambah Ramly K. T. Kusumo untuk melakukan Sensus Ekonomi ini pihaknya menyiapkan 102 petugas yang sebelumnya sudah dilatih pada April 2016. [Heinrich Dengi]

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons