Scroll to Top
Sekira 60 Desa Terancam Rawan Pangan di Sumba Timur
Posted by maxfm on 24th Oktober 2015
| 791 views


Penjabat Bupati Sumba Timur: Yohanis Lakar Hawula [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Sekira 60 Desa terancam rawan pangan di Sumba Timur Nusa Tenggara Timur NTT.

Penjabat Bupati Sumba Timur Yohanis Lakar Hawula di rumah jabatan Bupati setempat, Sabtu (24/10/2015) mengatakan, desa yang terancam rawan pangan berada di sebagian besar kecamatan di Sumba Timur yang totalnya 22 Kecamatan.

“Sumba Timur saat ini memang mengalami situasi keringan yang cukup panjang, dimana dampaknya adalah beberapa lahan pertanian tidak bisa digarap seperti sawah dan kebun, data terakhir masuk tadi malam 57 desa yang teracam rawan pangan,” kata penjabat Bupati Sumba Timur Yohanis Lakar Hawula.

Lanjut penjabat Bupati Sumba Timur Yohanis Lakar Hawula, untuk membantu warga yang terancam rawan pangan pihaknya sudah mengeluarkan cadangan beras 10 ton, dan akan mengeluarkan lagi cadangan beras yang ada di gudang Bulog Waingapu sekira 90 ton. Selain itu tambah penjabat Bupati setempat Yohanis Lakar Hawula pihaknya juga sudah menyurati Camat dan Kepala Desa untuk memfasilitas warganya mengambil jatah beras raskin ke 13 dan 14.

Sementara itu di beberapa wilayah Sumba Timur, warga desa sudah mulai masuk ke hutan untuk mengambil ubi gadung beracun untuk diolah menjadi bahan makanan, karena stok makan di rumah menipis.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons