Scroll to Top
Dari Sumba: Selamat Hari Tani Nasional!
Posted by Heinrich Dengi on 23rd September 2015
| 1855 views
Tia, anak Mama Eti [Foto: Heinrich Dengi]
Tia, anak Mama Eti [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Entah kenapa perasaan saya siang ini campur aduk antara terharu, senang dan bangga mendegar cerita tiga orang ibu yang sehari-harinya sebagai ibu rumah tangga tetapi juga sudah beberapa waktu terakhir ini menanam dan merawat sayur organik di lahan mereka.

Konteksnya begini, pada umumnya di Sumba Timur warga yang memiliki lahan untuk bertanam selain padi, hanya memanfaatkan lahannya untuk di taman jagung hanya pada musim hujan antara Desember sampai Maret, setelah itu lahan dibiarkan nganggur, tidak ditanam apapun sampai Desember berikutnya warga tanam jagung lagi dan panen di Maret, ini jadi siklus dan berluang setiap tahun.

Beberapa tahun lalu dimulai dari acara Ayo bertani Organik di Radio Max FM Waingapu muncullah keinginan dari beberapa warga yang juga pendengar setia radio Max FM Waingapu untuk bisa belajar tentang pertanian organik, maka mulailah pertemuan intens saya dan tim Radio Max FM dengan warga yang tergabung dalam kelompok tani organik dan ada di beberapa kecamatan di Sumba Timur.

Siang ini 3 Ibu rumah tangga yang juga petani organik menceritakan dengan gembira pengalaman tanam dan panen sayur organik dengan penuh percaya diri.

Mereka juga boleh dikata mewakili pendengar Radio sekaligus petani yang mendapat manfaat dari bertani organik yang dimulai dari acara Ayo bertani Organik di Radio Max FM Waingapu kemudian dipraktekkan di kebun.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons