Scroll to Top
Waktunya Panen
Posted by maxfm on 29th Agustus 2015
| 2844 views
Hasil Panen Bawang Merah dari Bedeng Mama Eti
Hasil Panen Bawang Merah dari Bedeng Mama Eti

MaxFM, Waingapu – Mama Eti begitu biasa kawan anggota kelompok memanggilnya, panen bawang merah di kebun Kelompok Tani Organik Kalu di Kelurahan Prailiu, Kecamatan Kambera, Sumba Timur, NusaTenggara Timur NTT.

Mama Eti memanen bawang merah satu bedeng dengan luas sekitar 0.2 are sore ini, beruntung saya mendapat bagian yang diantar ke rumah.

“Bawang merah ini ditanam sekitar 3 bulan lalu dari bibit yang berbentuk biji kecil dari jenis Tuk-Tuk, biji bibit bawang merah disemai di polibag yang terbuat dari daun pisang,” kata Mama Eti Sabtu (28/08/2015)

Lanjut Mama Eti untuk persiapan bibit membutuhkan waktu agak lama, sampai bibit bawangnya mengeluarkan daun halus sebesar jarum dibutuhkan waktu sampai 10 hari, sedangkan semaian siap dipindahkan ke kebun pada usia semai sekitar 45 hari sesudah semai.

Hasil Panen Bawang Merah dari Bendeng Mama Eti
Hasil Panen Bawang Merah dari Bendeng Mama Eti

Mama Eti menambahkan selama menanam bawang merah dirinya menggunakan Pupuk Organik Cair Bio Slurry produksi Radio Max Foundation dengan cara pemberian ke bawang merah dilakukan sekali dalam 1 minggu dengan takaran 1 tutup botol POC Bio Slurry dicampurkan ke air 1 liter kemudian disiramkan ke tanamanan.

Masih kata Mama Eti, selama ini tanaman bawang merahnya sehat dan tidak terserang penyakit.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons