Scroll to Top
Norwegia Bantu PLTS untuk SD Praimarada
Posted by Heinrich Dengi on 6th April 2015
| 1675 views
Perangkat Kompuer. laptop, alat scan di SD Praimarada
Perangkat Kompuer. laptop, alat scan di SD Praimarada

MaxFM, Waingapu – 50-an siswa beserta guru Sekolah Dasar Praimarada Desa Uma Manu Kecamatan Lewa Tidahu Sumba Timur Nusa Tenggara Timur menyambut kedatangan Duta Besar Norwegia Stig Traavig di sekolah mereka.

Siang ini Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Stig Traavig datang ke SD –SMP Satap Praimarada bersama perwakilan HIVOS Belanda Rob de Groot dan Sekertaris Daerah Sumba Timur Juspan Pasande untuk melihat dari dekat pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya PLTS 1 KW bantuan Norwegia sebagai dukungan untuk program Sumba Pulau Ikon Energi Terbarukan.

Untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah, masyarakat Norwegia lewat Kedubes Norwegia di Indonesia mendukung 5 PLTS untuk 5 sekolah yang ada di Sumba.

Salah satu guru di SD Praimarada Markus Karepi Muama mengatakan dengan adanya listrik dari PLTS sejak setahun lalu sangat membantu dalam proses belajar mengajar.

“Dengan adanya listrik ini kami gunakan untuk menggandakan materi belajar misalnya soal untuk persiapan belajar jelang Ujian Nasional, jadi tidka perlu lagi sewa ojek ke Lewa, cukup dengan kita scan materi yang kurang dan  print, selain itu dengan adanya lampu listrik dari PLTS,  saat ini siswa kelas 6 yang akan UN dan ditampung di sekolah masih bisa belajar malam hari dengan lampu dari PLTS dan tidak lagi gunakan pelita atau lampu gas seperti tahun-tahun sebelumnya,”kata guru SD Praimarada Markus Karepi Muama, Senin (06/04).

Markus Karepi Muama  menambahkan dengan adanya fasilitas listrik pihak sekolah bisa menggandakan buku untuk siswa.

“Kemarin itu kurikulum 2013 buku untuk semester 1 belum masuk, lambat masuk baru bulan Januari kemarin masuk bukunya, kita gandakan bukunya yang dikasih dari dinas PPO kita gandakan bukunya.”

Reni Padu Lemba Guru dari SD Masehi Watumbelar cas HP di SD Praimarada
Reni Padu Lemba Guru dari SD Masehi Watumbelar cas HP di SD Praimarada

Salah seorang guru honor dari Sekolah Dasar Masehi SDM Watumbelar yang berjarak 7 KM dari SD Praimarada Reni Padu Lemba juga memanfaatkan listrik PLTS di sekolah ini untuk cas handphone.

Heinrich ( H )           : Jadi datang cas ke sini? Tiap berapa hari cas HP

Reni ( R )                   : Kebetulan tadi ada kegiatan jadi datang cas HP

H                                 : Bagaimana cara isi baterai HP?

R                                  : Titip ke kawan untuk cas HP ke sekolah sini

H                                 : Artinya cas di sekolah Praimarada?

R                                  : Seminggu sekali kali cas ke sini, cas power bank, biaya casnya Rp5 ribu seminggu, ini salah satu jasa yang kami ( guru ) dari Watumbelar manfaatkan.

Perwakilan LSM HIVOS Rob de Groot di SD Praimarada mengatakan pihaknya menilai pengadaaan instalasi PLTS ini sangat potensial membantu sebuah sekolah yang sama sekali belum mempunyai akses kepada energi.

‘Kita berharap bahwa kapasitas dari instalasi ini akan cukup untuk melayani semua ruangan, semua  guru dan murid untuk dapat mencapai pendidikan yang lebih baik dan berkualitas,” kata Perwakilan LSM HIVOS Rob de Groot.

Masih kata Rob de Groot LSM HIVOS dengan adanya listrik di sekolah ini maka proses belajar mengajar akan lebih menarik.

“Karena dengan listrik kita bisa berikan gambar yang lebih banyak, pekerjaan lebih efisien kemudian alat-alat elektronik tertentu yang sangat penting untuk pendidikan bisa digunakan supaya murid bisa tersentuh dengan pelajaran modern, jadi harapan saya ini bisa jadi model untuk direplikasikan di Sumba.”

Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Stig Traavig
Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Stig Traavig

Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Stig Traavig mengatakan bahagia bisa mendukung program listrik untuk sekolah.

“Kami berharap dengan listrik ini bisa menolong sekolah dan siswa, serta sistim lsitrik untuk sekolah lewat PLTS di Sumba bisa menjadi model untuk seluruh Indonesia serta kita bisa melihat bagaimana cara secara cepat melakukan perbaikan  pemanfaatan energi bersih,” kata Dubes Norwegia Stig Traavig.

Sementara itu saat demonstrasi pemanafaatan listrik dari PLTS di SD Praimarada diputar sebuah film singkat pembelajaran tentang berbagai energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan di Sumba,  dengan perangkat Laptop,  infokus dan pengeras suara kecil yang semuanya memanfaatkan listrik dari PLTS yang dibangun atas kerjasama HIVOS, Kedutaan Besar Norwegia untuk Indonesia, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia  dengan mitra Winrock Internasional.

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons