Scroll to Top
PLT Bayu Hambapraing Mulai Dibangun di 2015
Posted by Heinrich Dengi on 16th Maret 2015
| 1084 views
Alat Pengukur Angin di Hambapraing, di sekitar lokasi ini akan dibangun PLTB 850 KWatt
Alat Pengukur Angin di Hambapraing, di sekitar lokasi ini akan dibangun PLTB 850 KWatt

MaxFM, Waingapu – Pembanganunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu PLTB 850 KW di Hambapraing Sumba Timur Nusa Tenggara Timur NTT terus dipersiapkan.

Devina mewakili DANIDA Denmark mengatakan Pemerintah Denmark turut mendorong percepatan realisasi pembangunan PLTB Hambapraing lewat dukungan teknis dan dana.

“Masalahnya angin itukan masih belum ada tarif padahal kita kan maunya nanti kalau sudah ada turbinnya kita mau jual ke PLN, PLN mintanya ada tarif, kita tunggu itu ( tarif ), kalau itu sudah ada sebenarnya cepat, tahun inipun kita sudah bisa bangun karena datanya sudah ada semua, feasibility  studynya sudah ada, lagi diminta dilengkapi,”ujar Devina dari DANIDA di Kupang.

Tambah Devina kalau bisa PLT Bayu dibangun tahun ini maka di awal 2016 PLT Bayu di Hambapraing sudah bisa dimanfaatkan listriknya.

Sementara itu, masih terkati PLT Bayu Hambapraing  850 KW, Sandra Winarsa dari HIVOS mengatakan selain soal tarif yang masih dibicarakan di pusat, ada hal lain yang mesti disiapkan Pemda Sumba Timur yakni Perusahaan Daerah yang akan mengelola dana yang akan dihibahkan ke Pemerintah Daerah.

“Karena inikan sifatnya semi bisnis, bukan bisnis untuk mendapatkan profit,  Sewatama tidak mendapatkan profit dari proyek pendahuluan  ini, cuma karena DANIDA yang akan memberikan dukungan pendanaan untuk menutupi financial gab yang ada di proyek sekarang nantinya karena DANIDA dukunGnya dalam bentuk grand jaDi akan ada revenue yang akan di hibahkan ke Pemda,”kata Sandra Winarsa dari HIVOS Jakarta.

Masih kata Sandra Winarsa, kalau tidak ada Perusahaan Daerah maka kesepakatan anatara Pemda, DANIDA dan PLN tidak bisa jalan.

“Karena Badan Usaha ini akan memayungi kerjasama antara PLN, Sewatama, Masyarakat dan Pemda, dari pihak DANIDA tidak bisa mengucurkan dananya ke Pemda dan PLN dan Sewatama tidak bisa bekerja sama tanpa ada Perusahaan Daerah,”ujar Sandra Winarsa.

Tambah Sandra Winarsa dari HIVOS, bila kerja sama telah berlangsung dan PT Sewatama mendapat keuntungan, ada bagian keuntungan yang akan diberikan ke Pemda melalui Perusahaan Daerah yang nantinya akan bekerja sama dengan LSM Lokal untuk melakukan pendampingan di masyarakat sekitar Hambapraing dan programnya diharapkan masih ada hubungannya dengan energi terbarukan misalkan subsidi pembuatan biogas, plts untuk rumah, kios energi dan beberapa kemungkinan lainnya.

 

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons