Scroll to Top
Ester Jera Maramba Nahu Mengabdi Sebagai Kader Desa Siaga
Posted by Heinrich Dengi on 28th November 2014
| 1080 views

Ester Jera Maramba Nahu Kader Desa Siaga Desa Matawai Katingga Sumba Timur [ Foto : Heinrich Dengi ]
Ester Jera Maramba Nahu Kader Desa Siaga Desa Matawai Katingga Sumba Timur [ Foto : Heinrich Dengi ]
Selain sebagai kader desa siaga, Ester juga jadi ketua Posyandu yang ada di desa ini.

Sebagai kader Desa Siaga, Ester dan beberapa kader lainnya  memastikan Ibu yang hamil di desanya memeriksakan diri di sarana kesehatan yang ada, bisa di Puskesmas, Pustu atau di Posyandu.

Tugasnya kata Ester, mendata ibu hamil, ibu hamil  yang Kurang Energi Kronis KEK, bayi dan balita.

“Semua ini di data di Puskesmas, bila dari data ada sasaran dan Ibu yang KEK tidak datang memeriksakan diri ke Posyandu atau ke Puskesmas dirinya dan kader lain berusaha mencari tahu keadaan ibu hamil dengan datang kerumah sasaran, kadang kami harus berjalan kaki lebih dari 10 Km untuk mencari ibu hamil yang tidak datang ke Posyandu untuk memeriksakan kehamilan dan kesehatannya.

Tugas ini ( sebagai kader desa siaga ) sudah jadi komitmen dan beban dirinya untuk membantu sesama warga desa, apalagi hampir semua warga desa Matawai Katingga masih ada hubungan kekeluargaan, sehingga tugas sini juga seperti membantu keluarga sendiri tukas Ester.

Tahun ini lanjut Ester belum ada kejadian ibu hamil yang meninggal di desanya, hal ini tambah Ester perlu disyukuri berkat pertolongan Tuhan dan kerja keras Bidan di Puskesmas Kataka yang dibantu Kader Desa Siaga setempat.

 

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons