Scroll to Top
Warga Desa Katiku Luku Terancam Rawan Pangan
Ditulis oleh maxfm on 15th Oktober 2014
| Dilihat 499 kali
Warga Dusun Tandairotu Desa Katiku Lulu Kecamatan Matawai Lapau  Cari Iwi di Hutan Sebagi Sumber Makanan
Warga Dusun Tandairotu Desa Katiku Lulu Kecamatan Matawai Lapau Cari Iwi di Hutan Sebagi Sumber Makanan

MaxFM, Waingapu – Warga Dusun Tandairotu Desa Katiku Lulu Kecamatan Matawai Lapau Timur Nusa Tenggara Timur NTT terancam rawan pangan akibat gagal tanam dan gagal panen.

Ketua RT 10 RW 4 Dusun Tandairotu Desa Katiku Loku Yakob Maramba Jawa  Selasa ( 14/10 ) mengatakan akibat panas yang seperti ini dan tidak ada hujan  tanaman jagung dan ubi kayu yang ditanamnya mati dan  tidak bisa panen.

“Gagal panen ini ya memang kita rasakan itu terus jadi kalaupun tnamannya bagus pada februari nanti kena angin kencang,” kata Yakob Maramba Jawa.

Yakob melanjutkan, memang beberapa waktu pihaknya mengusulakn untuk  minta bantuan berasa ke pemerintah bagi warganya selama musim kemarau dan sudah ada pembagian beras cuma hanya sekali tiap rumah tangga dapat 15 kg. dan ini tidak cukup untuk sampai musim panen yang akan datang.

Yakop menambahkan untuk bahan makan terpaksa warganya masuk hutan untuk mencari ubi hutan ( iwi (red.) ) yang meskipun beracun warga bersusaha mengolah agar bisa dimakan.

Masih kata Yakob dalam situasi sulit ini ada banyak keluarga di tempatnya yang tidur malam dengan perut kosong untuk menghemat iwi agar stok ubi gadung ini bisa cukup untuk waktu yang agak panjang  di rumah.

Print Friendly, PDF & Email
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someone
Berita lainnya:close