Scroll to Top
Taman Listrik Tenaga Angin Listriki 25 Rumah Keluarga Miskin
Ditulis oleh maxfm on 6th Oktober 2014
| Dilihat 468 kali
Menteri BUMN Dahlan Iskan di Bandara UMK
Menteri BUMN Dahlan Iskan di Bandara UMK

MaxFM, Waingapu – 25 Rumah tangga keluarga miskin di Dusun Kalihi Desa Kamanggi Kecamatan Kahunga Eti Sumba Timur Nusa Tenggara Timur  NTT mendapat listrik dari Taman Listrik tenaga angin.

Menteri Badan Usaha Milik Negara BUMN Dahlan Iskan yang mengunjungi dusun ini Senin ( 6/10 ) mengatakan taman listrik tenaga angin ini merupakan proyek percontohan yang dibiayai dari dana sosial BUMN.

“Menurut pendapat saya inilah cara untuk melistriki Sumba yang dikenal kaya akan angin dulukan saya selalu meragukan pembangkit listrik tenaga angin sehingga saya pingin tahu jangan-jangan ini tidak jalan, ternyata jalan dengan sangat baik,’ kata Dahlan Iskan

Lanjut Dahlan Iskan, taman Listrik tenaga angin ini bisa berajalan dengan baik karena pemilihan lokasi yang tepat selain itu karena  tenknologi yang diciptakan oleh Ricky Elson membuat baling baling mudah berputar karena magnitnya tidak berat hanya sekitar 200 gram.

Masih kata Menteri BUMN Dahlan Iskan selama ini proyek pembangkit listrik tenaga angin yang pernah dilihatnya seperti yang ada di Jawa Barat dan di Bali yang buatan luar negeri tidak ada yang bisa jalan, ini yang di Sumba Timur yang buatan dalam negeri berjalan baik.

Kincir angin yang dipasang di Kalihi ini adalah temuan Ricky Elson ( ahli motor listrik dan pelopor mobil listrik Indonesia ), tinggi tiang  kincir hanya sekitar 4 meter dan terpasang 20 kincir angin yang menghasilkan daya listrik 11 KiloWatt, listrik yang dihasilkan taman listrik tenaga angin ini sudah digunakan masayarakat setempat sekira 1 tahun lebih.

Print Friendly, PDF & Email
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someone
Berita lainnya:close