Scroll to Top
Pemda Siapkan Bantuan Beras 176 Ton
Posted by Heinrich Dengi on 21st Oktober 2014
| 807 views
Anak-anak  di Katiku Luku Paling Banyak Bawa Pulang Air 2 Jerigen 5 Liter
Anak-anak di Katiku Luku Paling Banyak Bawa Pulang Air 2 Jerigen 5 Liter

MaxFM, Waingapu – 18  Kecamatan di Sumba Timur Nusa Tenggara Timur NTT terkena dampak kekeringan dan terancam rawan pangan.

Bupti Sumba Timur Gidion Mbilijora mengatakan pemerintah menyiapkan bantua beras 176 ton untuk warga yang terancam rawan pangan.

“Cadangan beras pemerintah yang jadi kewenangan Bupati 100 ton ada juga cadangan beras kabupaten sendiri 76 ton kita ambil dari apbd 2, jadi 176 ton yang kita droping pertama dulu ke desa desa yang mengalami kekurangan pangan karena akibat kekeringan,” kata Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora Senin ( 20/10 ) disela-sela acara peringatan Hari Pangan Sedunia.

Lanjut Gidion Mbilijora,  kekeringan yang terjadi saat ini akibat curah hujan yang rendah yang sudah berlangsung sejak Juli lalu.

Tambah Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora, untuk membantu masyarakat yang terancam rawan selain membagi beras, pihaknya lewat dinas-dinas Kemakmuran membantu warga memanfaatkan daerah aliran sungai untuk menanam jagung.

Dari pantauan maxfmwaingapu.com sejak September lalu di beberapa tempat di Sumba Timur, warga mulai masuk hutan untuk menggali ubi hutan beracun untuk di olah secara hati-hati agar bisa dimakan karena stok pangan di rumah sudah menipis untuk menunggu musim panen berikutnya.

Di Sumba Timur ada 22 Kecamatan, 140 Desa dan 16 Kelurahan.

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons