Scroll to Top
Belasan Hektar Hutan di Wanggameti Terbakar
Posted by maxfm on 13th Oktober 2014
| 777 views
Salah satu bagian di wilayah TN Lai Wanggi Wangga Meti yang terbakar
Salah satu bagian di wilayah TN Lai Wanggi Wangga Meti yang terbakar

MaxFM, Waingapu – Belasan hektar hutan terbakar di Taman Nasional Laiwanggi Wanggameti TNLW Sumba Timur Nusa Tenggara Timur NTT.

Menurut Kepala Seksi Pengelola Taman Nasional Wilayah II  Matawai Lapau TNLW  Yosef Nong Senin ( 13 / 10 )  kebakaran sudah sejak September tahun ini.

“Yang terbakar itu justru proyek RHL yaitu program Rehabilitasi Hutan dan Lahan, programnya Kementrian Kehutanan, itu program nasional yang kerjasama dengan TNI tahun 2013,  kita hitung pake GPS di polygon kurang lebih 14 hektar,” kata Yosef Nong.

Lanjut Yosef Nong yang terbakar sebagian besar padang savana termasuk tanaman proyek RHL di Taman Nasional laiwanggi Wanggameti  yang menanam jenis kayu lokal dan  usia tanaman sudah 1 tahun seperti kayu Lobung, Induwatu dan Kalumbang termasuk pondok kerja juga ikut terbakar.

Yosef Nong menambahkan pihaknya menduga kuat kabakaran ini karena kesengajaan dan bukan karena faktor alam, karena dalam pemantauan  yang dilakukan timnya api selalu dari arah jalan raya dan itu sangat mungkin karena puntung rokok yang dibuang serta loncatan api dari pembakaran lahan oleh warga sekitar Taman Nasional yang tidak di jaga sehingga apinya berpindah ke kawasan Taman Nasional.

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons