Scroll to Top
50 RT Nikmati Listrik PLTS di Ramuk
Posted by maxfm on 12th Oktober 2014
| 533 views
Suasana Malam Hari di Rumah Warga Desa Ramuk
Suasana Malam Hari di Rumah Warga Desa Ramuk

MaxFM, Waingapu – 50 Rumah Tangga  di Desa Ramuk Kecamatan Pinu Pahar Sumba Tumur Nusa Tenggara Timur NTT sudah menikmati Listrik.

Menurut salah satu warga setempat Ratu Ndima listrik di desanya bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya PLTS komunal bantuan pemerintah pusat.

“Listrik di sini  menyala sepanjang hari,  tidak untuk nonton tv, hanya untuk lampu penerangan saja, kalau mau pakai untuk cas HP boleh dan  selama ini warga yang menikmati listrik tidak membayar biaya listrik,” kata Ratu Ndima.

Lanjut Ratu Ndima listrik dari PLTS di desanya sudah dimanfaatkan sejak tahun 2012 lalu, melistriki rumah warga sepanjang hari selama 24 jam dan tidak ada masalah sampai saat sekarang.

Masih kata Ratu Ndima setiap rumah yang mendapat listrik dijatah menggunakan 3 buah bola lampu masing-masing 5 watt.

Dari pantauan MaxFM, listrik yang ada di desa Ramuk selain untuk penerangan pada malam hari juga dimanfaatkan warga setempat untuk menghidupkan alat musik pada siang hari.

Desa Ramuk berada di dalam kawasan Taman Nasional Lai Wanggi Wangga Meti untuk sampai ke sana harus menempuh perjalan sekitar 5 jam dari Waingapu.

 

Print Friendly, PDF & Email