Scroll to Top
5 Sekolah di Sumba Dapat Listrik Tenaga Surya
Ditulis oleh Heinrich Dengi on 30th Oktober 2014
| Dilihat 1493 kali

PLTS di SD Praimarada Sumba Timur [ Foto : Adi Lagur]
PLTS di SD Praimarada Sumba Timur [ Foto : Adi Lagur]
MaxFM, Bandung  – 5 Sekolah di Sumba Nusa Tenggara Timur NTT mendapat bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya PLTS untuk memenuhi kebutuhan listrik sekolah.

LSM HIVOS dari Belanda salah satu inisiator Sumba Pulau Ikon Energi Terbarukan lewat perwakilannya di Indonesia Sandra Winarsa mengatakan pemasangan PLTS untuk sekolah 2 sekolah sudah dilakukan sedangkan pemasangan PLTS untuk 3 sekolah lainnya  akan dilakuhan pada November 2014.

“Untuk memanfatkan kelebihan daya yang ada, itu untuk semacam charging station di sekolah jadi yang membawa itu adalah anak-anak nanti diinformasikan ke orang tua ini ada lampu yang bisa di sewakan yang bisa diisi ulang baterainya di sekolah dan anak-anak bisa membawa itu setiap kali kosong kalau sudah habis misalkan 3 hari atau seminggu sudah habis anak-anak bisa bisa bawa itu tidak gratis, karena pihak sekolah harus merawat instalasi PLTS jadi aka nada biaya penyewaan,” kata Sandra Winarsa di Bandung  Kamis ( 30/10 )

Lanjut Sandra Winarsa yang utama pemanfaatan PLTS di sekolah diperuntukan untuk keperluan belajar mengajar, seperti untuk menghidupkan komputer, infocus, peralatan musik, kelebihan daya akan digunakan untuk pengisian baterai lampu hemat energi milik anak-anak sekolah, sehingga dengan adanya lampu anak-anak bisa belajar malam di rumah.

Masih kata Sandra Winarsa 2 sekolah di yakni SMP Satap Kambata Mapambuhang dan SD Praimarada di Sumba Timur sudah memanfaatkan PLTS, 3 sekolah lain masing masing di Sumba Tengah, Sumba BaratPasola Sebagai Ungkapan Syukur Penganut Marapu Di Sumba. Read more ... » dan Sumba Barat Daya akan segera dilakukan pema.

Kata Sandra Winarsa lagi, dana untuk PLTS di Kambata Mapambuhang dari pengumpulan dana masyarakat di Belanda sedangkan untuk 4 sekolah lainnya dana peyediaan PLTS dari Kedutaan Besar Norwegia.

Print Friendly, PDF & Email
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someone
Berita lainnya:close