Scroll to Top
Asiknya Tanam Ketimun
Posted by maxfm on 5th Agustus 2014
| 1268 views
Buah ketimun sudah sebesar jari kelingking orang dewasa
Buah ketimun sudah sebesar jari kelingking orang dewasa

MaxFM, Waingapu – Hari ini ketimun yang saya tanam di lahan belajar Kelompok Tani Organik Pahammu Nduma Luri Kalu Waingapu Sumba Timur Nusa Tenggara Tmur NTT berusia 36 hari sesudah tanam.

Terlihat di hampir semua pohon ketimun yang ada, sekitar 100 pohon, sudah berbunga dan mengeluarkan buah, tinggal tunggu waktu untuk mulai panen. Berharap akhir minggu ini mulai panen pertama.

Ketimun Usia 36 Hari Sesudah Tanam, sudah berbuah tinggal tunggu hari panen
Ketimun Usia 36 Hari Sesudah Tanam, sudah berbuah tinggal tunggu hari panen

Sebenarnya menanam dan merawat ketimun tidaklah sulit. Pertama kita menyiapkan lahan, dibuat bedeng setinggi 15-20 cm dengan lebar 1 m dan panjang sesuai kebutuhan. Jarak tanam ketimun sekitar 50 cm satu dengan lainnya.

Sebelum ketimun ditanam saya membuat lubang dengan diamenter 15 cm dan dalam sekira 10 cm, kedalam lobang ini saya taburkan kompos yang dibuat sendiri dari kotoran ternak  sekitar 300 gram atau ukuran banyak kompos bisa dengan ukuran wadah sabun colek kecil dan diusahakan banyaknya kompos di tiap lobang  sama.

Setelah kompos sudah disiapkan di masing-masing lubang sekarang saatnya meletakkan bibit ketimun di tiap lubang , masing-masing lubang diberi 2 atau 3 bibit ketimun, selanjutnya tinggal menutup tipis bibit yang ada di lubang tanam dengan kompos, terkahir disiram. Dalam 2 atau 3 hari sesudah tanam ini, biasanya ketimun bibit mulai pecah  dan mulai bertumbuh, penyiraman dilakukan pagi dan sore.

Tali Palstik diikatkan ke tinga untuk merambatnya ketimun
Tali Palstik diikatkan ke tinga untuk merambatnya ketimun

Untuk merambatnya ketimun saya menyiapkan kayu lurus yang dipatok di setiap 4 lubang , kemudian dari satu kayu ke kayu lain dihubungkan dengan tali plastik,  dimulai dari jarak satu jengkal dari dasar  tempat ketimun ditananam.  Karena ketimun akan merambat naik maik disiapkan sebanyak mungkin tali tampat merambat, jarak tali untuk merambat sekitar 1 jengkal tangan orang dewasa.

Pemupukan selanjutnya menggunakan Pupuk Organik Cair Bio Slurry dengan aturan 1 tutup botol POC Bio Slurry dicampur dengan 1 liter, untuk masing masing tempat tanam ketimun cukup diberikan 300 cc campuran POC Bio Slurry dan air, pemupukan dilakukan tiap 10 hari.

Bila pertumbuhan ketimun baik dan sehat disertai pemberian pupuknya cukuk maka di usia 30 – 35 hst ketimun mulai berbuah, tingga perawatan lanjutan siap panen. Bila air cukup dan pemberian pupuk baik petani bisa memanen sekitar 8 buah ketimun tiap pohonnya.

Ada yang berniat mencoba tanam ketimun? ( Heinrich Dengi )

Print Friendly, PDF & Email