Scroll to Top
300 Kepala Keluarga di Sumba Tengah Dapat Listrik
Posted by maxfm on 8th April 2014
| 1074 views
Bupati Sumba Tengah Umbu Sappi Pateduk - Saat peresmian PLTS Terpusat 50 KWp di desa Ole Dewa Kecamatan Mamboro
Bupati Sumba Tengah Umbu Sappi Pateduk – Saat peresmian PLTS Terpusat 50 KWp di desa Ole Dewa Kecamatan Mamboro

MaxFM, Waingapu – 300 Kepala keluarga di Sumba Tengah Nusa Tenggara Timur NTT memdapat listrik untuk pertama kali di rumah mereka.

Bupati Sumba Tengah Umbu Sappi Pateduk saat peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya PLTS terpusat dengan daya 50 KWp di desa Ole Dewa Kecamatan Mamboro Senin ( 7/4 ) mengatakan Pemda Sumba Tengah berkomitmen untuk memanfaatkan sumber energi yang ada di lokal untuk kesejahteraan masyarakat.

“Jadi nanti kedepan kita sudah bicarakan pemanfaatan tenaga surya ini tidak hanya untuk penerangan tetapi juga tidak kalah penting untuk air minum, air bersih, hal ini sangat dibutuhkan oleh rakyat, bahkan tahun ini kalau memungkinkan, maka tadi saya ajak seluruh pejabat agar mereka berpikir sesuai dengan programnya apa yang bisa kita manfaatkan dengan kebijakan pemerintah pusat sekarang menggunakan energi yang kita, miliki jadi misalnya sekarang dengan adanya tenaga listrik ini yang paling merakan manfaatnya adalah anak-anak sekolah kemudian kegiatan-kegiatan produktif yang ada di rumah tangga-rumah tangga, ujar Bupati Sumba Tengah Umbu Sappi Pateduk.

Sementara itu tokoh masyarakat setempat J. W. Male mengatakan bersyukur dengan masuknya listrik di desanya dengan memanfaatkan tenaga matahari, saat ini usianya 79 tahun dan baru pertama kali memiliki listrik sendiri di rumahnya di desa Weeluri, selama ini tambahnya untuk penerangan  menggunakan lampu pelita pake minyak tanah.

PLTS terpusat ini dinanai oleh Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi, Energi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, dengan dana sekira 5,7 M Rupiah.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons