Scroll to Top
Rame-Rame Belajar Tanam Sayur
Posted by maxfm on 6th Maret 2014
| 1912 views
Mizel sedang menyiram pupuk untuk ketimun diikuti Siti dan Rini
Mizel sedang menyiram pupuk untuk ketimun diikuti Siti dan Rini

MaxFM, Waingapu – Sore itu terlihat beberapa anak muda, laki dan perempuan di kebun, ada yang pegang gembor  untuk menyiram sayur, ada yang sedang mengamati bedeng sayur dan ada juga yang baru mulai membuat lubang kecil di bedeng untuk menyimpan benih ketimun, beberapa Bapak sedang membuat pagar keliling.

Pemandangan ini tidak biasanya di sini, masyarakat Kalu, Kelurahan Prailiu, Kecamatan Kambera Sumba Timur menamakan daerah ini Woka, di sini sebelumnya hanya lahan terbuka penuh dengan rumput dan jadi tempat bermain anak-anak.

Saat ini tidak lagi, tidak terlihat gawang buatan untuk bermain bola, tempat ini sekarang sudah menjadi kebun sayur. Terlihat sekitar 20 bedeng memanjang dari Timur ke arah Barat, sayur sudah mulai nampak hijau meskipun masih kecil. Saya Heinrich Dengi dari Radio Max FM Waingapu  dan  Rahmat sebagai pembimbing petani melihat perubahan yang baik terjadi di sini.

Ceritanya begini, September hingga Desember 2013 kami memulai kelompok tani Organik Jangan Omong  Saja JOS di sekitar Radio Max FM Kalu. Saat pertemuan pertama dan hingga satu bulan berjalan anggota kelompok JOS sekitar 20 orang masih rajin datang, tetapi makin menuju panen sudah tidak banyak lagi yang datang belajar, maklum pelatihan ini gratis dan tidak ada tuntutan atau paksaan harus datang. Bagi kami kalau ingin maju pasti mau terus belajar dalam pertemuan kelompok.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons