Scroll to Top
Sumba Pulau Ikonis Energi Terbarukan
Posted by maxfm on 11th November 2013
| 1122 views
Kompor Biogas - Gas Dari Kotoran Ternak
Kompor Biogas – Gas Dari Kotoran Ternak

MaxFM, Waingapu – Sumba Pulau Ikonis untuk Pemanfaatan Energi Terbarukan jadi topik pembicaraan pada diskusi terarah di Hotel Salak Bogor (11/11).

Menurut Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Kementrian Energi Dan Sumber Daya Mineral Alihuddin Sitompul, diskusi terarah ini bertujuan untuk menyebarluakan informasi Sumba Pulau Ikonis kepada pemangku kepentingan yang lebih luas terutama kepada pihak instansi pemerintah kalangan bisnis, dan media massa.

Selain itu diskusi  ini juga ingin meningkatkan perhatian para pemangku kepentingan atas pentingnya keberlanjutan dari penerapan Sumba Pulau Ikonis baik bagi masyarakat Sumba ataupun masyarakat Indonesia secara umum serta mengajak keterlibatan pihak lainnya untuk melihat potensi akses energi terbarukan yang mendukung pembangunan masyarakat terpencil.

Pulau Ikonis Sumba adalah sebuah rencana yang berani dan ambisius untuk menunjukkan bagaimana penduduk dari sebuah pulau yang miskin dan terpencil dapat memajukan daerahnya sendiri yang difasilitasi oleh adanya pasokan 100% energi terbarukan. Dengan dukungan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, Organisasi Pembangunan Hivos memperkenalkan “Sumba Pulau Ikonis” pada tahun 2010. Semua kabupaten di Sumba, Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Pemerintah Provinsi segera bergabung dengan menandatangani perjanjian penting dimana mereka menyatakan komitmen untuk mewujudkan tujuan Pulau Ikonis ini.

 

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons