Scroll to Top
Sudah Saatnya Kita Manfaatkan Energi Terbarukan
Ditulis oleh maxfm on 20th November 2013
| Dilihat 360 kali
Siswa SD di Dusun Mbakuhau Bisa Belajar Malam Hari karena ada listrik dari PLTMH Mbakuhau Desa Kamanggi Sumba Timur
Siswa SD di Dusun Mbakuhau Bisa Belajar Malam Hari karena ada listrik dari PLTMH Mbakuhau Desa Kamanggi Sumba Timur

MaxFM, Waingapu – Pemerintah Sumba Timur Nusa Tenggara Timur NTT mendukung pemanfaatan energi terbarukan di pulau Sumba.

Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora mengatakan sudah saatnya memanfaatkan energi terbarukan yang sumbernya melimpah di Sumba Timur.

“Untuk kebutuhan kedepan saya kira sudah perlu sudah saatnya kita beralih ke energi terbarukan, mengharap energi dari fosil saya kira sumber daya terbatas, kalau seperti di sumba timur mau matahari, mau bilang sepanjang tahun ya sepanjang tahun angin sepanjang tahun, pltmh juga kita memungkinkan, banyak sumber kita disini,” kata Gidion Mbilijora

Lanjut Gidion Mbilijora, sumber lain seperti biomasa juga ada di sini dan sedang dibangun di Lewa Pembangkit Listrik Tenaga Biomasa 50 KW atas dukungan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM.

Masih kata Gidion, dukungan pemda dalam program pemanfataan energi terbarukan di pulau Sumba selain dukungan dana untuk membangun pembangkit listrik mikro hidro seperti di Laputi juga membangun infrastruktur seperti jalan masuk ke tempat pembangkit listrik tenaga angin di Hambapraing.

Pulau Sumba ditetapkan pemerintah pusat sebagai pulau Ikon pemenfataan energi terbarukan di Indonesia.

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someone
Berita lainnya:close