Scroll to Top
Vaksin Baik untuk Penyandang Disabilitas
Posted by maxfm on 26th November 2021
| 574 views

Pria yang akrab disapa Ake ini menambahkan, walau prosentase pelayanan vaksinasi Covid-19 di Indonesia terus bergerak naik, jumlah kaum disabilitas yang sudah mendapatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 masih sangat sedikit. Padahal kaum disabilitas merupakan salah satu kelompok rentan yang harus mendapatkan prioritas pelayanan seperti yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Vaksin itu baik untuk kaum difabel juga sehingga harus difasilitasi untuk diberikan,” jelasnya.

Mengenai masih adanya keraguan kaum difabel maupun keluarga, Ake menjelaskan hal tersebut membutuhkan kerja sama dengan semua elemen terkait seperti tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas terdekat para difabel untuk mendapatkan penjelasan mengenai manfaat vaksin dan kemungkinan-kemungkinan efek setelah mendapatkan vaksin.




“Rumusnya seperti rumus ekonomi yakni kenal, suka, percaya, jadi orang-orang dekatlah yang harus menjelaskan kepada saudara-saudara kita untuk jangan lagi ragu divaksin,” jelasnya.

Ake juga mengapresiasi cara yang sudah dilakukan Polres Sumba Timur yang dengan fasilitas yang dimiliki mau untuk memfasilitasi sejumlah kaum difabel untuk mendapatkan pelayanan vaksin, sehingga elemen masyarakat lain juga perlu mengambil bagian dalam cara yang sama untuk meningkatkan partisipasi kaum difabel dalam mengakses pelayanan vaksinasi Covid-19.

“Kita semua yang bisa membantu memfasilitasi saudara-saudara kita yang difabel harus ikut ambil bagian sebagaimana yang ditunjukkan oleh teman-teman dari Polres Sumba Timur,” ajaknya.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons