Scroll to Top
Distan TPH Turunkan Armada ke Lapangan
Posted by maxfm on 6th Januari 2021
| 642 views




“Kalau kami dari dinas sendiri yang kerjakan (mengendalikan hama belalang dan ulat gerayak) pasti akan sulit teratasi. Jadi kita ajak masyarakat untuk terlibat dengan membentuk regu pengendali hama di tingkat desa,” urainya.

Untuk memastikan sebaran serangan hama belalang dan ulat gerayak di petani, Oktavianus juga menjelaskan, Distan Kabupaten Sumba Timur sudah mengeluarkan dua surat kepada petugas di lapangan untuk bekerja sama dengan kepala desa dan juga camat, agar memastikan setiap titik serangan hama belalang ada di titik mana, sehingga kemudian dapat dilakukan penanaganan oleh regu pengendali hama tingkat desa.

“Kami dari dinas akan suport dari sisi obat-obatan, dan alat. Sedangkan tenaganya dari regu pengendali hama desa,” jelasnya.



Menurutnya adanya hama belalang pada awal tahun ini disebabkan oleh adanya perubahan cuaca, terutama turunnya hujan yang cukup deras pada bulan September 2020 lalu, yang mengakibatkan penetasan telur belalang.

Diharapkannya dukungan masyarakat saat ini tidak lagi sebatas pada memberikan informasi kepada pemerintah melalui pemerintah desa maupun petugas Distan di lapangan, atau langsung ke Distan Kabupaten Sumba Timur. Namun masyarakat harus juga ikut melakukan pengendalian di tingkat kelompok masyarakat secara langsung.

“Marilah kita melihat ini sebagai persoalan bersama, agar bisa mengendalikannya bersama-sama,” tegasnya.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons