Scroll to Top
BPN Surati BPKH Wilayah XIV Kupang
Posted by maxfm on 18th Agustus 2020
| 948 views

“Saya yakin permohonan ini akan kami kembalikan dan tidak terbitkan SHM nya, karena sekitar 90 persen lebih tanah itu masuk kawasan hutan. Namun kami masih tunggu konfirmasi dari BPKH Wilayah XIV Kupang,” urainya.




Ditambahkannya, konfirmasi terkait masuk-tidaknya sebuah permohonan sertipikat masuk dalam kawasan hutan atau tidak, tidak hanya dilakukan untuk permohonan SHM dari masyarakat. Namun juga dilakukan untuk proses sertipikat Barang Milik Negara (BMN), yakni tanah yang berada dibawah badan jalan, maupun saluran irigasi dan lainnya. Karena sertipikat BMN juga tidak boleh diterbitkan jika ruas jalan tersebut melintasi kawasan hutan.

“Untuk BMN sendiri tahun ini kita Sumba Timur dikasih target 15 lokasi. Tetapi setelah diukur, ada sembilan yang masuk kawasan hutan, jadi kita minta usulan pengganti sehingga sembilan lokasi yang diusulkan pertama tidak kita terbitkan sertipikat nya,” tandasnya.



Sebelumnya Kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah Kabupaten Sumba Timur, Handumila B. Kapita saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan pengukuran tanah di daerah sekitar kawasan hutan atau yang diduga masuk kawasan hutan selalu ada koordinasi dari BPN sebelum penerbitan sertipikat oleh BPN.

Namun Handumila mengaku pihaknya belum mendapatkan surat permohonan klarifikasi kawasan yang diukur tersebut dari BPN, sehingga pihaknya belum menjelaskan hal itu kepada BPN. Walau demikian menurutnya, peta kawasan hutan sudah ada di BPN juga, sehingga pihak BPN tentunya sudah mengetahui tanah yang diukur masuk dalam kawasan hutan.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons