Scroll to Top
Kehidupan di Sekitar Hutan Bakau Padadita
Posted by maxfm on 16th Januari 2018
| 3054 views

Kami menghadapi sendiri situasi ini tahun 2017. Sejak Mei 2017, saya melihat cukup banyak anakan bakau yang sebelumnya tegak terlihat batangnya miring, atau bahkan tertanam seluruh batang dandaunya dalam lumpur. Yang saya lakukan waktu itu adalah untuk anakan yang tumbang atau saya temukan didekat tebing batu akan saya pindahkankan agak ke dalam dekat hutan bakau kecil yang cukup padat pohon bakaunya. Setelah dicek ternyata tumpukan lumpur di dekat hutan bakau lebih banyak dan tebal sehingga cocok untuk dipindahkan.

Hingga akhir tahun 2017, anakan bakau yang ditanam di tahun baru 2017 tumbuh dengan baik, akarnya sudah cukup kuat tertancap ke dasar lumpur dan saat anakan bakau yang sudah tumbuh coba ditarik, sudah susah untuk mencabutnya.

Dari pengamatan sederhana yang saya lakukan di sekitar hutan bakau di Padadita sekarang ini, sudah mulai ditemukan banyak burung dan jenisnya lebih dari satu jenis ini bisa terlihat dari jejak kaki burung yang tertinggal di lumpur saat air laut mengering. Kalau kita sempat masuk ke dalam areal hutan bakau Padadita saat air laut surut, akan terihat dengan jelas jejak kaki burung di lumpur sekitar hutan bakau. Selain itu, dari sekitar hutan bakau akan terdengar bunyi suara burung yang cukup keras dan menandakan lebih dari sat jenis burung.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons