Scroll to Top
Pompa Barsha Bantu Petani di Musim Kemarau
Posted by maxfm on 9th Agustus 2017
| 3617 views

“Data di dua tempat yang telah dipasang pompa ini dalam sehari bisa memompa air 14 ribu hingga 19 ribu liter dengan elevasi mencapai 20 meter ,” kata Adi Lagur.

Rata-rata lahan di sekitar sungai dinamakan mondu, ini merupakan lahan potensial karena dekat air, namun hanya digunakan pada musim hujan, disaat musim kering sedikit sekali digunakan. Untuk bisa digunakan masyrakat harus mengeluarkan biaya lebih dengan menggunakan mesin pompa yang menggunakan bakan bahan bakar solar atau bensin. Walaupun demikian sedikit sekali lahan yang digarap.

“ Dengan pompa barsha ini, petani tak perlu memikirkan lagi bahan bakarmya dan dapat mengerjakan lahan dengan lebih luas untuk menanam tanaman jenis holtikultur bernilai ekonomis dan bisa dijual.
“ Ketika menanam di musim hujan itu biasa namun bila bisa tanam dan panen di musim kemarau di lahan yang kering seperti ini adalah hal lain dan berbeda,” jelas Heinrich Dengi.

Sistem Sewa Pakai

Dalam aplikasinya Radio Max Foundation menggunakan sistem sewa, inilah adalah skema yang dibangun agar petani yang menggunakan pompa ini bisa terus menanam. Kepemilikan sistem atau pompa ini adalah milik yayasan dan ditawarkan ke komunitas petani. Pihak yayasan bertanggung jawab secara teknis, memasang dan merawat serta memastikan air dari sungai dapat mengalir sampai ke lahan petani. Petani dapat menanam sebanyak mungkin, dan sebagian dari hasil panennya digunakan untuk membayar sistem ini.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons