Scroll to Top
Rame-Rame Belajar Tanam Sayur
Posted by maxfm on 6th Maret 2014
| 1909 views

•    Misel, gadis manis berpostur tinggi ini duduk di kelas 7 SMP Negeri 1 Waingapu,  Misel menanam ketimun di bedengnya, ada sekitar 200 pohon, waktu kemarin saya ke kebun ketimun yang di tanam minggu sore lalu sudah mengeluarkan 2 daun, kata rambu Misel dia senang belajar di sini dengan kawan lain, dan dijinkan papa dan mamanya, sehingga tiap hari kalau tidak hujan kata dia, tidak alpa untuk datang siram ketimunnya.

•    Rini, anak Kalu kelas 2 SMPK Anda Luri, bersama mamanya mendapat satu bendeng di kebun ini dan tanam sayur putih.

Masih banyak anak muda lain yang juga belajar tanam sayur di sini seperti Dody yang tanam sayur kol ada 52 pohon, Mone yang tanam ketimun satu bedeng juga ada beberapa Ibu dan Bapak lainnya yang belajar tanam sayur di kebun ini.

Untuk tanam selajutnya sekarang anggota kelompok sedang menyemai pak coy juga pitsai.

Saya secara pribadi terharu melihat perubahan yang hebat ini di Woka dan sekitarnya, saya sendiri tidak menyangka mereka belajar tanam sayur dan gembira  melihat warga antusias membentuk bedeng, menyemai bibit dan menyiapkan kayu untuk pagar keliling.

Kalau saja semangat belajar seperti  ini tetap terjaga dilanjutkan dengan aksi menanam sayur, saya tidak ragu dengan kehidupan ekomomi mereka, kalau sudah belajar dan mengerti tanam sayur dibarengi dengan hasil baik dan masyarakat membeli produk di kebun, maka dengan sendirinya ekonomi masyarakat akan terangkat. Dengan begitu  lahan lain yang selama ini nganggur dan dibiarkan terbengkalai akan diolah oleh masyarakat Kalu dan sekitarnya.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons